KABAR GEMBIRA PASCASARJANA UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO TELAH MEMBUKA PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013 UNTUK PROGRAM MAGISTER DAN DOCTORAL

Senin, 26 Desember 2011

Program Studi Ilmu Perairan


PIMPINAN PROGRAM STUDI

Ketua              :  Prof. Dr. Ir. Inneke F.M. Rumengan, MSc
Sekretaris        :  Dr. Ir. H. Onibala, M.Sc

Beroperasi sejak tahun 1998
(No.06/DIKTI/Kep./1998)

AKREDITASI

B

PENDAHULUAN

Negara Kesatuan Republik Indonesia dikenal sebagai kawasan yang sebagian besar terdiri dari perairan laut (70 %), dan sebagian lainnya berada didaratan.  Di kedua matra perairan tersebut tersimpan berbagai sumberdaya baik hayati maupun non-hayati yang belum termanfaatkan secara optimal.  Pemanfaatan sumberdaya ini tak lain bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan taraf hidup masyarakat dan bangsa Indonesia.

Pentingnya peningkatan kemampuan pengelola ini menjadi perhatian banyak kalangan karena ketidakmampuan mengelola akan memberi kesempatan pada kalangan lain dari luar Indonesia yang lebih mampu di tahun 2003, bila pasar bebas diberlakukan.  Pada waktu itu sebagian negara yang berlimpah akan sumberdaya alam khususnya perairan akan siap bersaing dan berkompetisi bila persediaan sumberdaya manusianya yang berkemampuan tinggi serta profesioanl dalam pengelolaan sumberdaya perairan.

Kawasan Timur Indonesia yang sebagian besar kehidupan dan pengembangan masyarakatnya sangat bergantung dengan sumberdaya perairan memperoleh peluang yang lebih besar lagi dalam pengembangan ilmu perairan karena tersedianya pendidikan strata Magister di bidang ilmu perairan.  Menjawab tantangan dan kebutuhan di masa yang akan datang teruatma di Kawasan Timur Indonesia yang merupakan bagian penting dari Pacific Rim adalah sangat tepat program studi yang berlokasi di Unsrat Manado, sebagai salah satu pintu gerbang utama Indonesia yang berhubungan dengan Kawasan Pasifik, melaksanakan visi dan misinya yang mulia.

Visi
Menyiapkan sumberdaya manusia yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi perairan pada umumnya dan perairan tropis pada khususnya, guna meningkatkan pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya perairan di Indonesia khususnya Kawasan Timur Indonesia agar dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Misi
Untuk meningkatkan kemampuan tenaga terpakai strata magister baik sebagai tenaga akademik, pengambil keputusan (decision maker), serta wirausaha yang profesional dalam bidang perairan, terutama dalam meningkatkan upaya pemanfaatan optimal sumberdaya perairan laut, estuari, pesisir, dan perairan umum lainnya (sungai, danau alam dan buatan) yang berwawasan lingkungan.

Tujuan
Menjadikan peserta didik sebagai anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik yang profesional agar dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu perairan, menyebarluaskannya, mengupayakan penggunaannya agar dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, serta mampu merumuskan suatu pendekatan pemecahan masalah perairan secara ilmiah.

SILABUS MATA KULIAH

IPA     510      Analisis Statistika                              SKS  3
Tinjauan mengenai dasar-dasar statistika, pendugaan dan pengujian hipotesis berdasarkan nilai pengamatan contoh, selang kepercayaan, regresi lineer, regresi liner berganda, korelasi sederhana dan korelasi berganda; analisis data distrek sidik ragam dan peragam, statistika non-parametrik, beberapa teladan penggunaan

IPA     511      Sumberdaya Hayati Perairan          SKS  2
Menguraikan hasil perairan ekonomis penting, potensi berbagai biota perairan sebagai sumber bahan pangan dan non-pangan. Sumberdaya kajian adalah : ikan, alga, lamun, terumbu karang serta biota asosiasi, dan mikroba. Memberikan pemahaman tentang potensial yield dan pengelolaan sumberdaya, serta eksplorasi sumber produk alami perairan yang unggul.

IPA     512      Biologi Laut                                       SKS  3
Properti air laut bagi kehidupan; klasifikasi zona kehidupan di laut, laut dalam, perairan pantai, dasar laut, estuari, produktifitas  primer, plankton, zooplankton, pengukuran produktifitas primer, rantai makanan, jejaring makanan, mekanisme adaptasi biota laut terhadap perubahan lingkungan, interaksi terumbu karang-mangrove-lamun

IPA     513      Fisiologi Biota Air                             SKS  3
Prinsip-prinsip  fisiologi biota air, respirasi; insang dan paru-paru pencernaan makanan, peredaran darah; poikilothermal, tekanan osmosis, system syaraf; pendengaran, penglihatan;  reproduksi,  system urogenital,  peranan hormon, seksual dan aseksual, viviparity, oviparity, ovoviviparity,  embriogenesis, system endokrin.

IPA     514      Ekologi  Perairan                              SKS  3
Faktor-faktor biologis, kimiawi, fisika lingkungan perairan; peranannya dalam penyebaran flora-fauna air, ekologi terumbu karang, mangrove,  komunitas litoral dan bentik, ekologi mikroba air, ekologi air tawar; danau, sungai, estuari, dan perairan umum, interkasi ekologi; predasi, simbiosis, parasit, fungsi-fungsi ekologis biota perairan, indikator ekologis.

IPA     515      Seminar I                                           SKS 1
IPA     516      Penelitian (Pra)                                  SKS 0

IPA     517      Metodologi Penelitian                       SKS  3
Pendekatan keilmuan dalam penelitian, filosofi ilmu, bandingan ilmu dan non-ilmu, etika penelitian dan sesudah penelitian, interpretasi literatur, riset percobaan, riset percobaan-quasi, riset percobaan survei, riset percobaan lapangan, organisasi data, hypotesis awal, evaluasi, penulisan laporan penelitian

IPA     518      Ichthyology Lanjut                           SKS  3
Morfologi; bentuk dan fungsi, anatomi eksternal dan internal, osteology, morfologi jaringan, sistimatika; karakter-karakter taksonomi dalm identifikasi, variasi dan klasifikasi, naural history; habitat, evolusi ikan. Fisiologi; umur dan pertumbuhan, pola makan, reproduksi, diadromous (katadromous dan anadromous)

IPA     519      Vertebrata Air                                   SKS  3
Karakteristik morfogenesis dan evolusi vertebrata air, variasi, isolasi, spesifikasi serta penyebarannya. Fungsi respirasi. Sistim alat pencernaan, reproduksi dan organ sensori; Ekologi dan fisiologi serta pertumbuhan, kelas-kelas vertebrata air (reptil, mamalia, amfibia, ikan, burung)

IPA     520      Bioekologi Vegetasi Air                    SKS  3
Ruang lingkup; pembagian fitoplankton, alga, rumput, tumbuhan air, mangrove; Sistimatika, sitologi, morfologi, anatomi; ekologi, parameter lingkungan;  Sekresei garam, akumulasi garam,  penyimpanan air, fungsi akar,  Lingkungan mangrove; zonasi dan distribusi, evaluasi populasi, estimasi bimasa, pola pertumbuhan dan reproduksi; Pemantauan perubahan lingkungan

IPA     521      Imunologi Ikan                                  SKS  3
Menguraikan berbagai penerapan imunologi dalam biologi sumberaya ikan dan budidaya biota perairan serta bioteknologi. Kajian meliputi sistim pertahanan biota air pada umumnya dan ikan pada khususnya, sistim kekebalan humoral (antibodi, komplemen, CRP, limfokin), sistim kekebalan seluler (limfosit, makrofag, beutrofil), dan sistim pertahanan kimia yang non-spesifik.

IPA     522      Produk Hayati Perairan                   SKS  3
Memberikan pemahaman konsep produk alami bahari dari pendekatan kimia dan biologis serta berbagai pendekatan dalam strategi penemuan senyawa bioaktif baru yang unggul.  Kajian meliputi isoprenoid, senyawa nitrogen, toksin alami, dan berbagai substans bioaktif sebagai aglutinin, hemolisin, antitumor, antijamur, antimikroba, imunostimulan, dan antifeedant.

IPA     523      Bioekologi Wilayah Pesisir               SKS  3
Prinsip-prinsip dan konsep wilayah pesisir. Biota yang hidup dan berinterkasi di wilayah pesisir; biota litoral, tehnik dan strategi adaptasi, biota daerah mangrove. Ekologi wilayah pesisir; parameter-parameter ekologi sebagai faktor pembatas, interkasi pemanfaatan sumberdaya biota, organisme migrasi; area reproduksi, area pembesaran, habitat keras, lunak dan peranan detritus. Peranan mangrove terumbu karang dan lamun diwilayah pesisir.

IPA     524      Bioekologi Populasi                           SKS  3
Mempelajari secara khusus biologi populasi laut yang meliputi pengaturan populasi; konsep populasi laut; biologi populasi ikan; hearing atlantik (Herring Hypothesis); hypothesis ”Member/vagraut”, populasi ikan laut; populasi estuasi; Terumbu karang dan bentos; teori riwayat hidup; teori evolusi; seleksi siklus hidup dan spesies

IPA     525      Biologi  Estuari                                  SKS  3
Zona-zona estuari. Interkasi lingkungan estuari terhadap biota; adaptasi katadromous dewasa, adaptasi anadromous dewasa; adaptasi katadromous larva dan juvenile, adaptasi larva dan juvenil anadromous. Strategi dan manipulasi fisiologis, faktor-faktor pembatas; suhu, cahaya, salinitas, runoff. Pengaruh flouishing dan mixing perairan estuari thdp biota penghuni tetap dan migrasi.

IPA     526      Koralogi                                             SKS  3
Hikayat geologi karang, proses pembentukan karang; faktor-faktor pembatas. Distribusi; di dunia, di alam. Karang hermatipik dan ahermatipik; scleractini dan non-scleractinia. Zooxanthellae; fotosintesis, sediaan nutrisi. Reproduksi karang; brooder, spawner, hermaproditik dan gonokoristik; sexual dan asexual, polyp bail-out mass-spawning. Terumbu karang; struktur populasi, biota asosiasi, bleaching, fungsi-fungsi ekologis  Ikan-ikan karang; indikator biologis dan ekologis.

IPA     527      Malakologi                                         SKS  3
Dimaksudkan untuk memahami karakter taksonomi moluska yang pada gilirannya mahasiswa mampu mengelompokkan dan mengidentifikasi setiap spesimen moluska hingga kelevel spesies masing-masing level.  Agar mahasiswa memahami cara hidup dan sistem organ-organ fungsional moluska dan memahami lingkungan dan populasi di alam, serta mengerti peranan ekologisnya di setiap habitat, dan fungsi ekonomisnya di masyarakat.

IPA     528      Fisiologi Krustasea                            SKS 3
Fisiologi krustacea mempelajari osmoregulasi, sistem perbapasa, metabolisme, sistem saraf, pencernaan, sistem endokrin dan reproduksi

IPA     529      Avertebrata Air Lanjut                    SKS  3
Membahas tentang perkembangbiakan (seksual mauoun aseksual), perkembangan larva dan settlemen (metamorphosis), perolehan makanan, pencermaan dan penyerapan, pertumbuhan, respirasi, ekskresi dan sekresi dari avertebrata air khususnya yang dimanfaatkan sebagai sumberdaya perikanan

IPA     530      Manajemen Sumberdaya Perikanan SKS  3
Ancaman kerusakan Sumberdaya Perikanan (SDP); Alternatif Manajemen SDP, MSY dan MLY; Modelling, Manajemen berbasis masyarakat; Manajemen oleh pemerintah; ko-manajemen; konservasi, pemanfaatan SDP
IPA     531      Manajemen Sumberdaya Mangrove SKS  3
Inventarisasi areal mangrove; struktur dan dinamika ekosistem mangrove; stres alami dan artifisial lingkungan mangrove; penduduk, demografi dan kesehatan; pemanfaatan sumberdaya dan ekonomi; persepso lingkungan mangrove dan legislasi; pengelolaan, rehabilitasi dan konservasi mangrove; panduan untuk implementasi sebuah “pilot project” dalam ekosistem mangrove.

IPA     532      Manajemen  Sumberdaya Hayati
Terumbu Karang                              SKS  3
Fungsi ekologis terumbu karang, prinsip konservasi,. Penyebab kerusakan karang; hubungan gastropora triton dan drupella, Acanthaster planci . Pemanasan global; bleaching Sebagai area penangkapan ikan; tehnik penangkapan merusak; tehnik penangkapan ramah lingkungan, daerah lindungan laut, sosialisasi perlindungan karang; polusi. Rehabilitasi;  transplantasi, terumbu karang buatan, terumbu buatan. Nilai estetika; daerah tujuan wisata, wisata bawah air. Regulasi kawasan terumbu karang.

IPA     533      Manajemen Sumberdaya Hayati
Estuasi                                                            SKS  3
Pemahaman tentang estuari, aspek pendekatan geomorfologi/hidrooseanografi, objek dan lingkup kawasan estuari.  Komponen kawasan estuari termasuk : rataan pasang surut (berlumpur dan asin), laguna, muara sungai, delta.  Pemanfaatan sumberdaya estuari : pengolahan sumberdaya hayati dan Air hayati.

IPA     `534     Manajemen Sumberdaya Tumbuhan Air  SKS  3
Inventarisasi vegetasi air, vegetasi air dalam jaring makanan, fenomena proliferasi air, gulma air di dunia dan Asia Tenggara, dsitribusi dan komposisi gulma air di Indoensia, pemberantasan atau pengendalian gulma air, pemanfaatan gulma air.

IPA     535      Konservasi Sumberdaya Perairan   SKS  3
Sejarah konservasi, dasar-dasar konservasi sumberdaya perairan, biogeografi sumberdaya perairan, konservasi terumbu karang, konservasi lamun, konservasi estuaria, konservasi mangrove, dan konservasi pulau-pulau kecil.

IPA     536      Geomorfologi Wilayah Pesisir          SKS  3
Pemahaman umum, aspek dan pendekatan, objek dan lingkungan geomorfologi pantai/pesisir; geologi teknik; struktur petrografi, stratigrafi, fotogeologi, material pantai; sumber material, karakteristik sedimen; klasifikasi pantai, macam klasifikasi, cliff dan shore platform

IPA     537      Oseanografi  Fisika                           SKS  3
Prinsip-prinsp oseanografi fisik; pergerakan angin di laut, keadaan pergerakan arus, Hukum Beaufort; penentuan sea state, pasang-surut perairan pantai, bentuk-bentuk gelombang, mekanika pergerakan gelombang, metode pengukuran gelombang laut, aplikasi statistika pada gelombang, analisis enerji gelombang berdasarkan metode power spectrum.

IPA     538      Teknologi Pemanfaatan
Sumberdaya Perairan                      SKS  3
Pendahuluan, pemanfaatan perairan teluk untuk budidaya ikan, kerang dan rumput laut, manfaat pasang surut untuk budidaya ikan dan udang di tambak, pemanfaatan perairan umum untuk budidaya biota air, teknik pemanfaatan tingkah laku ikan untuk metode penangkapan ikan, daerah penangkapan ikan buatan.

IPA     539      Pendugaan Stok Perikanan             SKS  3
Teknik pendugaan stok ikan; Evaluasi pengaruh penangkapan terhadap stok.  Stock abudance; Pengaruh catch dan effort.  Stok pelagis dan demersal; Model-model sederhana dan model kompleks (surplus yield model) dan peramalan tangkapan (dynamic pool model); Manajemen Sumberdaya Perikanan berdasarkan estimasi stock; Model-model kelayakan jumlah tangkap.

IPA     540      Analisis Daerah Penangkapan Ikan SKS  3
Daerah estuari, pengangkutan nutrien dari sungai. Daerah karang, lamun, mangrove, landas-benua, pelagik dan demersal. Kawasan lepas pantai; perairan laut dalam; daerah up-welling dunia, pengaruh arus Kuroshio, Humboldt, El-Nino (ENSO), migrasi ikan penjelajah (scombroid) dan ikan perairan dangkal (clupeoid)

IPA     541      Tingkah Laku Ikan                          SKS  3
Khusus tingkahlaku ikan terhadap alat tangkap; set-net, trawl, gill-net, purse-seine, lift net, pancing, bubu, light fishing. Karakteristik alat-alat tangkap; metoda penelitian dalam tingkah laku ikan terhadap alat tangkap.

IPA     542      Akustik Laut                                     SKS  3
Benda-benda bawah laut sebagai obyek pemantul suara; hydrodinamika kelautan, viskositas dan densitas air laut, perambatan suara dan pemantulannya (echo), thermocline dan elastisitasnya; instrumen akustik, echo-sounder, fish finder, amplifier, hydrophonic

IPA     543      Inderaja Perairan                             SKS  3
Gelombang elektromgnetis, sistim orbital satelit, sistim sensor, sistim perekamana data, sistim pengolahan citra; pengukuran suhu perairan, kedalaman, dan produktifitas perairan

IPA     544      Sistim Informasi
Sumberdaya Hayati Perairan          SKS  3
Pengelolaan sistim informasi dan aplikasinya terhadap sumberdaya hayati laut; analisis faktor-faktor oseanografik dan biologi yang relevan dalam penentuan lokasi daerah penangkapan, peramalan jangka waktu suatu spesie target, pemetaan daerah penangkapan; keberadaan dan posisi lokasi sumberdaya hayati laut dalam bentuk bank data dan interaksinya dengan stasiun dan keluaran.

IPA     545      Teknologi Alat Penangkapan Ikan SKS  3
Pendahuluan, beberapa jenis desain pancing, jaring angkat, jaring tetap, pukat cincin, pukat harimau, desain kapal penangkap ikan dengan pancing, kapal untuk jaring angkat, beberapa tipe kapal karing insang, kapal untuk jaring tetap, kapal pukat cincin dan kapal pukat harimau.

IPA     546      Teknologi Kapal Ikan                       SKS  3
Pendahuluan, seni atau ilmu arsitektur kapal, teknik dasar desain kapal perikanan, dimensi utama kapal, koefisien bentuk kapal, pengapungan dan trim kapal, kalkulasi data hidrostatis kapal perikanan, keseimbangan kapal, teknik konstruksi kapal perikanan, desain dan analisis struktur kapal perikanan, bahaya dan perlindungan kapal.

IPA     547      Pengolahan Hasil Perikanan Lanjut SKS  3
Pengolahan tradisional dan modern; Efek pengolahan terhadap perubahan-perubahan makro molekul (protein, lemak, vitamin dan karbohidrat); Pemanfaatan analisis SDS-PAGE pada protein-protein subunit.

IPA     548      Rekayasa Sediaan Pakan                 SKS  3
Mempelajari kebiasaan makan dan pemanfaatan makanan; metabolisme energi; kebutuhan dan sumber energi meliputi: karbohidrat; protein, lemak, vitamin dan mineral.  Mempelajari pakan alami yang meliputi sumber dan pemupukan.  Mempelajari pakan buatan yang meliputi : pengadaan material, proses, bahan baku, formulasi pakan, preparasi pakan, pakan larva dan teknik pemberian pakan.

IPA     549      Teknologi Kualitas Media                SKS  3
Mempelajari biological filtration : Type of BFB (Biological Filter Bed), care of BFB, Carryng capacity of BFB.  Mempelajari mechanical filtration dan chemical filtration : Removal of dissolved organics by absorption, ion exchange resins, removal of organics by foam fractionation (FF), removal of dissolved organics by exidation, other methods of removing dissolved organics.

IPA     550      Disinfektan Biota Air
Chemical treatment consist of salt baths and dips, chlorine, iodophors (organic iodine complexes), line, formaline, cooper sulphate, potassium permanganate, quartenary ammonium compound, antibiotics and related sulphure drugs.  Non-chemical treatment ozone, ultraviolet radiation.

IPA     551      Fisiologi Krustasea
            ............................................................................................

IPA     553      Re-Stocking
Pengantar sumber daya ekonomis yang perlu direstocking, sumberdaya Moluska, crabs, turtle, squit, dll masing-masing dengan populasinya.  Distribusi perkembangan gonad, menentukan sex, pemijahan, juvenile dewasa, makanan, lingkungan, pertumbuhan, dan mortality.  Prinsip-prinsip “Larva Rearing didalamnya System Rearing”.  Stok kepadatan makanan, settlement, pembesaran dan pelepasan di alam termasuk aspek-aspek biologi dan lingkungan yang perlu diperhatikan sebelum dan sesudah pelepasan di alam.

IPA     554      Biokimia Budidaya
Ulasan mikrobiologi dan kimia kehidupan (EMP,TCA-cycle dan lain-lain) kinetika dan katalis enzim; isolasi dan purifikasi enzim, fenomena transpor dalam sistem jasad renik, bioreaktor, substrat dan produk reaktor dengan aplikasi pada spesies tertentu.

IPA     555      Kultur Jaringan
Prinsip kultur jaringan, faktor-faktor pertumbuhan sel, cara-cara meramu medium kultur, sterilisasi bahan dan alat, preparasi sel/potongan jaringan.  Beberapa contoh kasus : kultur sel/jaringan biota laut.

IPA     556      Rekayasa Reproduksi                       SKS  3
Organ-organ reproduksi, sistem kelenjar dan sistem hormonal;  teknik induced spawning, teknik ecdysis dan molting;  teknik sex reversal, manipulasi hormon, manipulasi lingkungan;  triger dan perangsangan, implementasi laboratorium.

IPA     557      Rekayasa Genetika Pembenihan     SKS  3
Gen dan DNA;  ekspresi gen, konstitusi genom, pada sel prokariotik dan sel eukariotik, strategi kloning DNA, prinsip transfer gen pada sel tanaman dan sel hewan;  aplikasi teknologi DNA rekombinan dalam bioteknologi kelautan

IPA     558      Kimia Pangan Hasil Laut                 SKS 3
Komponen-komponen makro dan mikro biokimawi (protein, lemak, karbohydrat, air, vitamin, zat warna, enzim) daging ikan meliputi struktur, sifat fisik dan kimiawi, jenis, dan spesifikasi dalam bahan pangan hasil laut; toksin dan senyawa-senyawa bioaktif pada hasil laut.

IPA     559      Mikrobiologi Pangan Hasil Laut     SKS 3
Pengembangan mikrobiologi yang mengarah pada pemanfaatan mikroorganisme dalam proses industri; meliputi karakteristik mikroorganisme produktif dikaitkan dengan teknologi proses yang disesuaikan dalam maksimalisasi produktifitasnya.

IPA     560      Termal Prosesing                              SKS 3
Kematian mikroba oleh panas, faktor-faktor yang mempengaruhi resistensi mikroba, pengukuran resistensi mikroba, sifat penetrasi panas dalam kaleng, proses-proses sterilisasi, kinetika, kematian bakteri

IPA     561      Refrigerasi                                         SKS 3
Teknologi refrigerasi mekanis, teknologi pembuatan es, RSW, icing coolong, superchilling, freezing, teknologi insolasi, kapasitas cold storage.

IPA     562      Psikologi Industri                              SKS 3
Introduksi ilmu perilaku; motif, tujuan, situasi, motivasi dan faktor-faktor perubahan sikap; analisis hirarkhi kebutuhan; hubungan antara kompetisi dan produktifitas; pengukuran psikometrik dan aplikasi statistik non-parrametrik untuk analisis perilaku pada longkungan industri; manajemen dari perilaku organisasi dengan pendayagunaan sumberdaya manusia, penerapan model perilaku.
IPA     563      Teknologi Kemasan                          SKS 3
Perkembangan dalam bidang kemasan, design, bahan, teknologi pengujian, karakterisasi kemasan serta hubungannya dengan perkembangan produk, serta penelaahan topik khusus.

IPA     564      Rekayasa Perancangan Proses        SKS 3
Peranaan perancangan proses dalam industri pengolahan, kinetika reaksi dan proses, rancang bangun dan peningkatan skala (scale up) proses; faktor dalam perancangan proses; perancangan proses dan pabrik dalam industri pengolahan.

IPA     565      Teknoekonomi Industri                    SKS 3
Konsep model analisis dan aplikasi ekonomi tehnik untuk perencanaan, penilaian kelayakan dan implementasi agroindustri yang berwawasan lingkungan.

IPA     566      Sanitasi Hygenis Pangan Hasil Laut SKS 3
Pengertian dan standar mutu hasil laut; metode analisis kualitatif dan kuantitiatif; quality insurance; fish inspection di beberapa negara maju, terutama negara pengimpor hasil laut.

IPA     567      Standarisasi dan Pemeriksaan Mutu SKS 3
Pengertian mutu dan pengendalian mutu, Hazard Analysis Critical Controle Point (HACCP), ISO-9000, ISO-1400, sistem pembinaan dan penerapan Standarisasi Nasional Indonesia (SNI), dan prinsip-prinsip pengendalian mutu ikan segar, hasil olahan suhu tinggi, hasil olahan tradisional, serta akibat pendinginan dan pembnekuan.

IPA     568      Tehnik Evaluasi Gizi             SKS 3
Metabolisme protein dan fungsi protein, lemak, karbohydrat, vitamin, mineral bagi tubuh; faktor-faktor yang mempengaruhi nilai gizi (komponen, daya cerna, reaksi-reaksi selama pengolahan dan penyimpanan); evaluasi nilai gizi secara kimia, mikrobiologis, perhitungan matematis, biologis dengan hewan percobaan; pembahasan diutasmakan terhadap gizi protein; perobahan gizi akibat  pengolahan.

IPA     569      Penelitian Operasional                      SKS 3
Ulasan tentang penelitian operasional, teori dan aplikasi bentuk-bentuk pengembangan linear yakni programing, intyeger dan mixed integer programing, dynamic programing, deterministik dan probabilistik, non-linear programing, metodologi, model dan penerapan program dengan kriteria jamak; aplikasi pada pencernaan dan evaluasi industri berbasis pertanian.

IPA     570      Pengendalian Limbah                       SKS 3
Pengkajian tehnik dan pengolahan limbah industri khususnya agroindustri, pengenalan masalah pencemaran oleh agroindustri, menyangkut komponen polutan dan filsafat manajemen; pencemaran air menyangkut sumber dan karakteristik; modifikasi in plant untuk mengurangi pencemaran; perencanaan, disain dan konstruksi, operasi dan pemeliharaan; ringkasan lingkungan untuk agroindustri berupa hasil ternah, limbah ternak, penggilingan, industri gula, industri ikan, insutri pengalengan, introduksi model pengenalan limbah.
IPA     571      Ekonomi Sumberdaya Alam            SKS 3
Pengertian Ekonomi Sumberdaya Alam; Klasifikasi sumberdaya alam; Mengukur kelangkaan sumberdaya alam; Pengelola sumberdaya alam; pengaruh berbagai variabel ekonomi terhadap konservasi sumberdaya alam, hubungan antara industri dan sumberdaya alam; perhitungan dalam penggunaan SDA; instrumen kebijakan dalam mengelola SDA; SDA dalam pembangunan berkelanjutan.

IPA     572      Teori Ekonomi Perikanan                SKS 3
Sifat sumberdaya perikanan, prinsip eksploitasi sumberdaya perikanan, model bioekonomi perikanan, peranan dan pengaruh teknologi eksploitasi; regulasi perikanan komersial, kebijakan perikanan nasional dan internasional, beberapa aspek budidaya dan rekreasi perikanan.

IPA     573      Geografi Ekonomi Perikanan          SKS 3
Perbedaan potensi ekonomi kelautan dihubungkan dengan perbedaan geografi, sentra-sentra perekonomian yang diopengaruhi lingkungan,aktifitas perekonomian yang dipengaruhi oleh kondisi geografis.

IPA     574      Ekonomi Bisnis Kelautan                 SKS 3
Mencakup secara umum karakteristik sumberdaya kelautan yang interdisiplin, kegagalan pasar dan alokasi intertemporal

IPA     575      Sosiologi Dan Antropologi                SKS 3
Pengertian umum dan ruang lingkup, jenis komoditi, sistim ekspor dan impor, kebijakan pasar, standarisasi komoditi, negosiasi harga, teori dumping, pasaran bersama, sistim imbal-bel.

IPA     576      Teori Koperasi Perikanan I             SKS 3
Pengertian umum, ruang lingkup, tipe-tipe dasar organisasi masyarakat pantai; pusat komunitas perikanan; pemilikan dan operasional dari komponen-komponen pusat komoditas perikanan; berbagai petunjuk pembentukan dan cara pengoperasin koperasi untuk masyarakat pantai serta langkah-langkah pembinaannya.

IPA     577      Ekonomi Regional                             SKS 3
Konsep, teori dan model pembangunan serta pertumbuhan, analisis lokasi, produksi dan pendapatan, ekspor base dan multiplier, analisis ekonomi sosial dalam perencanaan dan penentuan kebijaksanaan regional

IPA     578      Perencanaan Dan Evaluasi Sd         SKS 3
Model dan perencanaan pembangunan, mikro dan makro, analisis B/C, harga/upah/bnayaran, analisis parsial dan dampak pembangunan

IPA     579      Tataniaga Hasil Perairan                 SKS 3
Jaringan tataniaga, konsumen target, pemasaran, informasi pasar; supply dan demand, tataniaga hasil segar, segar beku, dan produk olahan; relasi brooker dan produser, tingkah laku konsumen konsumer, tataniaga domestik dan internasional
IPA     580      Hukum Laut                          SKS 3
Laut Teritorial, laut internasional, ZEE, ZEEI; Peraturan dan Kewajiban-kewajiban dalam penggunaan kapal di laut lepas dan laut teritorial; Tata krama pelayaran.

IPA     581      Analisis Ekosistem                 SKS 3
Analisis ekosistem laut berupa komponen penyusun ekosistem, biokimia dan sirkulasinya, kontrol ekosistem membangun ekosistem, dinamika, perbandingan ekosistem laut dan darat, biodiversiti dan nilainya, pengukuran terhadap kerusakan di laut serta pencegahannya.

IPA     582      Perencanaan & Pengendalian SD Pesisir
                        Dan Laut Terpasu                SKS 3
Konsep-konsep dasar dan definisi pengelolaan pesisir terpadu (ICM), evolusi preskripsi global untuk ICM.  Konsep teknik dan perencanaan ICM.  Panduan praktis untuk ICM.  Implementasi.  Operasi dan evaluasi dari program ICM

IPA     583      Analisis Kuantitatif Inventarisasi
& Monitoring SD. Pesisir dan Laut SKS 3
Konsep dan pengertian inventarisasi dan monitoring sumberdaya pesisir dan laut, dasar-dasar pengelolaan sumberdaya perikanan, permodelan ekonomi sumberdaya, permodelan bio ekonomi sumberdaya.  Penilaian potensi ekonomi sumberdaya.  Permodelan deplesi dan degradasi sumberdaya.

IPA     584      Riset Operasi Sumberdaya Pesisir   SKS 3
Pengambilan keputusan dalam riset operasi, program linier, model jaringan, pemrograman interger dan multi tahap

IPA     585      Sistem Informasi Geografi
Pesisir dan Laut                                SKS 3
Membahas tentang komponen GIS dan fungsinya, struktur basis data, spatial analisis, pemetaan pesisir dan laut dan beberapa metode assesment.

IPA     586      Tata Ruang Wilayah Pesisir
dan Laut                                            SKS 3
Membahas tentang komponen tataruang wilayah pesisir dan laut

IPA     587      Hukum dan Undang-Undang
Lingkungan Pesisir dan Laut          SKS 3
            .............................................................................

IPA     588      Kebijakan Pengelolaan Kelautan    SKS 3
            ………………………………………………….

IPA     589      Analisis Kebijakan Perikanan Tangkap SKS 3
Konteks sejarah analisis kebijakan, kerangka analisis kebijakan, fungsi-fungsi argumen kebijakan, proses pembuatan kebijakan, merumuskan masalah-masalah kebijakan, meramalkan masa depan, rekomendasi, serta menevaluasi hasil kebijakan

IPA     590      Pengkajian Stok Ikan Tropis           SKS 3
            ………………………………………………….

IPA     591      Ekonomi Regional dan
Lingkungan hidup                            SKS 3
Pendekatan pembangunan regional, pemikiran pembangunan klasik dan non klasik, teori pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, distribusi pendapatan dan kemiskinan, ekonomi pembangunan dan sumberdaya air, implementasi dan perencanaan pembangunan.

IPA     592      Ekonomi Pemanfaatan
Sumberdaya Alam                            SKS 3
Ekonomi dan Sumberdaya Alam, ketersediaan sumberdaya alam, implikasi ekonomi eksternalitas dan problem sumberdaya alam, pemanfaatan sumberdaya alam untuk perkembangan berkelanjutan, kebijakan ekonomi dan efisiensi sumberdaya alam, estimasi nilai ekonomi dan pemanfaatan sumberdaya alam.

IPA     593      Perencanaan dan Strategi
Pemasaran Hasil Perikanan             SKS 3
Kerangka analisis strategi, fungsi pemasaran, jaringan pemasaran hasil, perumusan strategi operasional, pemasaran domestik, strategi pemasaran global, mengendalikan pemasaran global

IPA     594      Analisis Sistem
Dinamika Ekonomi SD Pesisir         SKS 3
Analisis dan berpikir sistematika, struktur dan perilaku sistim, perilaku dinamis dan pola dasar, simulan model dan memahami perilaku model, perangkat lunak simulasi, simulasi model sederhana dan skala besar, fungsi-fungsi penting simulasi, penerapan model dasar dan baku, pengujian model dan analisis kebijakan..

IPA     595      Analisis Sistem Dinamika
Morphologi Sumberdaya                 SKS 3
            .............................................................

IPA     596      Analisis Sistem dan permodelan      SKS 3
Memahami tentang prinsip-prinsip analisis sistem, prinsip permodelan, model matematika sederhana, model statistic dan parameterization.

IPA     597      Biologi Molekuler                              SKS 3
            .....................................................................

IPA     598      Etnofarmasetika                                SKS 3
            .....................................................................

IPA     599      Rekayasa Genetika Biota Air           SKS 3
            .....................................................................

IPA     600      Bioteknologi Kelautan                      SKS 3
            .....................................................................

IPA     601      Nanobioteknologi                              SKS 3
            .....................................................................

IPA     602      Ekologi Mikroba Molekuler SKS 3
            .....................................................................

IPA     603      Bioinformatika                                  SKS 3
            ………………………………………………

IPA     604      Teknologi Rancangan Bioproses     SKS 3
            ………………………………………………

IPA     605      Genomika Komparatif Biota Air     SKS 3
            ………………………………………………

IPA     606      Kultur Jaringan Biota Air                SKS 3
            ………………………………………………

IPA     607      Analisis Sediaan Farmasetika          SKS 3
            ………………………………………………

IPA     608      Teknologi Farmasetika                     SKS 3
            ………………………………………………

IPA     609      Pigmentasi                                          SKS 3
            ………………………………………………

IPA     610      Analisis Senyawa Bioaktif Turunan SKS 3
            ………………………………………………

IPA     611      Rekayasa Produksi Sediaan Farmasetika  SKS 3
            ………………………………………………

IPA     612      Imunologi                                           SKS 3
            ………………………………………………

IPA     613      Produk Alami Perairan                    SKS 3
            ………………………………………………

IPA     614      Biofarmasi Air                       SKS 3
            ………………………………………

IPA     615      Bioremediasi                          SKS 3
            ………………………………………

IPA     618      Pengelolaan Lingkungan      SKS 3
            Pesisir dan Laut

IPA     616      Seminar                                  SKS 1

IPA     617      Penelitian dan Tesis              SKS 6


TENAGA PENGAJAR

Prof. Dr Ir S. Berhimpon, MS, M.App.Sc
Prof. Dr Ir K.W.A. Masengi, M.Sc
Prof. Dr Ir R.E. P. Mangindaan, MSc
Prof. Dr Ir B. Soeroto, M.Sc
Prof. Dr Ir R.M. Rompas, M. Agr
Prof. Dr Ir E. Mantjoro, M.Sc
Prof. Dr Ir I.K. Suwetja, M.Sc
Prof. Dr Ir J.D. Kusen, M.Sc
Prof. Dr Ir F.G. Ijong, M.Sc
Prof. Ir J. Kekenusa, MS
Dr Ir H. Onibala, M.Sc
Dr Ir I.F.M. Rumengan, M.Sc
Dr Ir D. Limbong, M.Sc
Dr Ir E.P. Sitanggang, DEA
Dr Ir R. Ch. Kepel, DEA
Dr Ir D. Mantiri, DEA
Dr Ir A. Tarumingkeng, DEA
Dr Ir L.L. Lumingas, DEA
Dr Ir J. Sampekalo, M.Sc
Prof. dr J. Posangi, MSc.,PhD.,SpFK
Prof. Dr J. Lolombulan, MS
Dr Ir E. Kaparang, M.Sc
Dr Ir H. Tioho, M.Sc
Ir E. Repie, M.Sc
Ir A. Jusuf, MBA
Ir N.E. Bataragoa, M.Sc
Ir I. Labaro, M.Sc
Ir B. Kaseger, MS
Ir M. Rondo, M.Sc
Ir B. Toloh, M.Sc
Ir F. Tilaar, M.Sc

PERSYARATAN PENERIMAAN

Program Studi Ilmu Perairan menerima calon peserta didik dengan latar belakang S-1 Perikanan, Ilmu Kelautan, Pertanian, Peternakan, Kehutanan, Biologi, FMIPA, serta jurusan lainnya yang pengalaman kerja di instansi atau usaha perikanan, konservasi alam, pengelolaan pesisir, DAS sekurang-kurangnya 2 tahun.

BIAYA PENDIDIKAN
           
Pendaftaran seleksi    
Rp.      250.000,-
Biaya Alih Tahun
Rp.      700.000,-
SPP / semester (Kelas Pagi)
Rp.      3.500.000,-
SPP / semester (Kelas Sore)
Rp.      6.000.000,-
Pendaftaran Semester
Rp       100.000,-
Tuition Fee /SKS (S2 dan S3)
Rp.      100.000,-
Dana Pengembangan/Sem (Sore)
Rp.      700.000,-
Dana Pembangunan (Kelas Pagi)
Rp.      2.500.000,-
Dana Pembangunan (Kelas Sore)
Rp.      5.000.000,-
Dana Pembangunan (Malam) 
Rp.      5.000.000,-

B E A S I S W A

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPs) Dikti diperuntukkan bagi staf pengajar tetap Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang berstatus Pegawai Negeri (memiliki NIP) dan pegawai swasta yang memiliki NIDN.  Beasiswa ini meliputi biaya hidup dan bantuan biaya buku serta biaya penelitian.  Alokasi penerima beasiswa ini sangat terbatas. Adapun prosedur pengusulan calon penerima BPPS melalui bpps on line dengan laman beasiswa.dikti.go.id/bpps, serta memasukkan berkas dari tgl. 1 April-31 Mei (pendaftaran on line); Verifikasi data minggu ke-3 Juni dan Penetapan BPPS dan Kontrak


PENDAFTARAN

  1. Mengisi dan menyerahkan/mengirimkan formulir pendaftaran yang dilampiri (masing-masing rangkap 3) :
a.       Salinan Ijazah dan transkrip akademik yang dilegalisasi
b.      Surat Keterangan sehat dari dokter
c.       Riwayat Hidup (curriculum vitae)
d.      Jika dalam status bekerja harus memperoleh ijin tertulis dari instansi tempat bekerja
e.       Surak Keterangan berkelakuan baik dari POLRI
f.       Surat Keterangan jaminan pembayaran studi
g.      Pas foto hitam putih 3 x 4 cm (6 lembar)
h.      Menyerahkan bukti pembayaran biaya administrasi dari Bank BNI atas nama Rektor
  1. Waktu pendaftaran dimulai pada Januari hingga Mei setiap tahun ajaran.
  2. Pendaftaran dapat dilakukan melalui facsimile atau e-mail ke alamat PPs Unsrat Manado dengan ketentuan bahwa formulir pendaftaran dan lampirannya disampaikan kemudian.
  3. Pendaftaran ditujukan kepada : 
DIREKTUR Program Pascasarjana
Universitas Sam Ratulangi
Jl. Kampus UNSRAT Manado 95115
( (0431) 827441, 827240 Fax (0431) 821212

  1. Seleksi masuk diadakan pada bulan Juni dan pelaksanaan alih tahun pada bulan Agustus.  Kuliah dimulai pada 1 September.

 

Terimakasih Telah Mengunjungi PPs UNSRAT Manado Semoga Informasi Yang Disajikan Dapat Membantu / Mohon Maaf Web Dalam Proses Perbaikan.....Thank's...

PPS UNSRAT MANADO 10 03 1985 Admin Stenly Eriando Jacobis is Designed by 401T