KABAR GEMBIRA PASCASARJANA UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO TELAH MEMBUKA PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013 UNTUK PROGRAM MAGISTER DAN DOCTORAL

Senin, 19 Desember 2011

Prodi Agronomi


PIMPINAN

Ketua             : Prof. Dr. Ir. Jeany Sh. Polii-Mandang, MS
Sekretaris    : Dr. Ir. Johannes F.X. Rogi, MS

Beroperasi Sejak Tahun 1997
(No.391/DIKTI/Kep./1997)

Akreditasi : B


PENDAHULUAN

Universitas Sam Ratulangi sebagai salah satu institusi perguruan tinggi telah mencanangkan Pola Ilmiah Pokok (PIP) yang sasaran utamanya berorientasi Wawasan Pasifik, yaitu dengan memberdayakan semua potensi sumberdaya wilayah.

Dalam era otonomisasi daerah dan mencermati era perdagangan bebas, maka peningkatan dan pengembangan kualifikasi sumberdaya manusia baik institusi perguruan tinggi secara keseluruhan sebagai satu sistem maupun institusi lainnya (lembaga pemerintahan, praktisi, wiraswasta dan pihak lembaga swasta lainnya) berkarya untuk pembangunan.

Program Studi Agribisnis merupakan program unggulan di daerah Sulawesi Utara karena tulang punggung perekonomian masih berbasis sektor pertanian.  Program studi ini juga mempersiapkan peserta didiknya untuk dapat mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yakni Program Doktor (S3).

Mengingat sektor pertanian dan peternakan pada umumnya berada dalam satu sistem yang terpadu, maka seyogyanya permasalahan dan pemecahannya dipahami secara holistik melalui suatu analisis sistem.


VISI : 
Membangun dan mengembangkan sumberdaya manusia yang memiliki pola pikir ilmiah sehingga  mampu menganalisis, memanfaatkan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang sistem produksi ternak dan manajemen agribisnis.

MISI :
Menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan kurikulum yang terkait dengan kebutuhan sistem produksi dan agribisnis peternakan sehingga mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki daya saing tinggi pada bidang science dan profesional.

Mendidik sumberdaya manusia sebagai ilmuan, peneliti, pemikir yang memiliki daya saing tinggi dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi  bagi kepentingan kesejahteraan masyarakat umumnya.

Mendidik sumberdaya manusia sehingga memiliki jiwa wiraswasta profesional dalam bidang sistem produksi ternak dan manajemen agribisnis.

Tujuan Umum
Menghasilkan Magister yang memiliki kemampuan untuk menganalisis secara holistik, mengambil keputusan, berkarya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi serta mampu mengaplikasikan dan memanfaatkan potensi sumberdaya.

Tujuan Khusus
Menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan setelah memperoleh landasan teoritis dan metode penghampirannya maupun aplikasi, guna dapat berperan secara mandiri dalam pendidikan dan pengembangan sistem produksi ternak dan manajemen agribisnis.

Menghasilkan peserta didik yang mampu melakukan penelitian serta merumuskan pendekatan konseptual untuk memecahkan masalah pengembangan sistem produksi ternak dan manajemen agribisnis.

Mengahasilkan peserta didik yang mampu menunjukkan sikap terbuka, tanggap terhadap perubahan kemajuan ilmu dan teknologi sehingga mampu mendesign suatu sistem produksi ternak dan manajemen agribisnis.
Mampu menunjukkan kesediaan dan kemampuan untuk mengembangkan diri dan wawasannya sebagai ilmuwan, praktisi serta wirausahawan yang mandiri.


Silabus Program Magister Agronomi 

AGR 502        Tanah, Tanaman dan Atmosfer                               3 (3-0)
Hubungan antara tanah, tanaman dan atmosfer serta faktor-faktor fisik dan kimia yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

AGR 632        Modifikasi Lingkungan Pertanian                          3 (2-1)
Modifikasi skala mikro dan makro: sistem pengairan, hujan buatan, pemanasan global, pengaturan pemupukan.

AGR 511        Metabolisme Tumbuhan                                          3 (2-1)
Sel, biokimia karbohidrat, protein, lemak dan senyawa kimia yang penting dalam reaksi enzim respirasi, fotosintetik, metabolisme karbohodrat, protein dan lemak, serta penyerapan mineral dan translokasi.

AGR 512        Fisiologi Tumbuhan                                                  3 (2-1)
Fisiologi dari berbagai tanaman budidaya, analisis tumbuh, pengaruh lingkungan dan fisiologi komponen hasil, fenologi, stadia tumbuh.

AGR 622        Bioteknologi Tanaman                                             3 (2-1)
Metode-metode pengembangan/pemuliaan tanaman secara in vitro (rekayasa genetika, fusi protoplasma, variasi somaklonal), teknik memproduksi senyawa metabolisme sekunder dan pelestarian plasma nuftah secara in vitro.

AGR 504        Metodologi Penelitian                                              2 (2-0)
Manfaat penelitian, penggunaan logika dan fasilitas mental lainnya, metode pengamatan, hambatan-hambatan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembuatan keputusan dalam perencanaan, metode penyusunan usulan penelitian dan penulisan ilmiah dalam rangka komunikasi.

AGR 522        Kultur Jaringan                                                        3 (2-1)
Penggunaan kultur jaringan untuk perbanyakan tanaman dan pengadaan bibit berkualitas; tipe-tipe kultur; faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan morfogenesis; permasalahan dalam kultur jaringan.

AGR 623        Rekayasa Genetika                                                  3 (2-1)
                        Revolusi bioteknologi molekuler, rekombinan DNA teknologi, manipulasi ekspresi gen prokariot, produksi protein heterologus dalam sel eukariot, rekayasa genetika tanaman, pengaturan teknologi DNA rekombinan.

AGR 625        Teknik Analisis Molekuler                                       2 (1-1)
                        Teknik dasar isolasi DNA tanaman dan plasmid (bakteri), restriksi dan ligasi DNA, elektroforesis DNA dan protein, perwarnaan DNA dan enzim, analisis RAPD, RFLP dan isozim.

AGR 624        Pemuliaan Tanaman Tropis                                    2 (2-0)
                        Arti ekonomi dan prospek pemuliaan tanaman tropis, aspek-aspek histories, hakekat resistensi, adaptasi serta genetika, interaksi tanaman dan lingkungannya, sumber plasma nutfah, metode penyaringan plasma nutfah, contoh-contoh metode pemuliaan dan implikasinya.

AGR 521        Zat Pengatur Tumbuh                                              2 (2-0)
                        Peran fisiologis, biosintesis dan degradasi serta mekanisme kerja auksin, sitokinin, gibberelin, ABA, etilen dan zat penghambat tumbuh.  Penggunaan ZPT untuk pertumbuhan dan perkembangan serta produksi tanaman.

AGR 614        Konservasi Tanah dan Air                                       2 (2-0)
                        Konservasi dan lingkungan, aliran permukaan, erosi dan teknik pengontrolan, struktur konservasi serta pengelolaan air tanah.

AGR 532        Instrumentasi                                                            2 (1-1)
                        Konsep dasar system pengukuran, ukuran baku, kepekaan, ketepatan, kalibrasi, dimensi dan satuan pengukuran dinamika, respon system, peralatan sensing, instrumen analog dan digital serta pengukuran besaran-besaran penting.

AGR 533        Ekologi Umum                                                           2 (2-0)
Ruang lingkup ekologi (daratan dan perairan), prinsip dan konsep ekosistem, energi dalam system ekologi, siklus biogeokimia, faktor limit dan organisasi di tingkat komunitas serta populasi.

AGR 514        Pengelolaan SDA & Lingkungan                            2 (2-0)
Pengertian sumber daya alam dan lingkungan, perimbangan ekonomis dan ekologis, pencegahan tumbukan antar sektor-sektor yang memanfaatkan SDA dengan pendekatan interdisiplin atau pengintegrasian dalam perencanaan pengelolaan, alternatif pendekatan dalam pembangunan di bidang lingkungan hidup serta upaya perbaikan lingkungan jangka panjang sebagai suatu proses yang berkesinambungan.

AGR 616        Fisiologi Stres                                                             2 (2-0)
Pengaruh stress lingkungan terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman yang disebabkan oleh faktor suhu, air, radiasi, kimia dan fisika. Beberapa kriteria penilaian toleransi.

AGR 621        Biologi Molekuler                                                      3 (2-1)
Konsep biologi dan genetika molekuler; struktur dan fungsi DNA, gen, dan kromosom; genomic, kontrol ekspresi gen, mutasi gen, transposon; endonuklease restriksi dan analisis fragmen asam nukleat, sekuensing DNA, hibridisasi DNA dan RNA, analisis promoter dan mRNA, “Polymerase chain reaction” dan “DNA fingerprinting” serta konsep dasar cloning.

AGR 523        Biologi Sel                                                                   3 (2-1)
Konsep umum sel; Virus, organisme uniselular ke multiselular: dinding sel; Membran plasma; Sistem membran dalam; Organel pembangkit energi; Inti sel, Ribosom; Organisasi organel dan sub-organel sel lainnya; Makromolekul penyusun sel; Organel gerak; Siklus sel; Apoptosis; Interaksi sel-sel ekstra seluler matriks.

AGR 612        Teknik Analisis Lab                                                  2 (1-1)

Teori, aplikasi dan praktek dari teknik-teknik analisa tanaman; preparasi buffer, konsep dan pengukuran pH, metoda spektrofotometrik, kromatografi, radioisotop, metoda untuk karakterisasi dan separasi gula, lipida, protein, dan DNA dengan menggunakan teknik ultra sentrifugasi, kromatography dan elektroforesis.

AGR 543        Inventarisasi Hutan                                                   2 (2-0)
Peran dan konsep inventarisasi SDA hutan, sumberdaya vegetasi, taraf-taraf survey, tujuan survey terintegrasi serta pembahasan topik-topik khusus dalam inventarisasi hutan.

AGR 611        Interaksi Hara dan Tanaman                                  2 (2-0)
Pertumbuhan dan perkembangan tanaman; pola pertumbuhan, hubungan tanaman dan cuaca, fotosintesa, produksi bahan kering, pertumbuhan dan serapan hara serta produksi potensial: Nutrisi tanaman; unsur-unsur hara dan jumlah yang dibutuhkan, prinsip penyerapan unsur hara, fungsi unsur-unsur hara dalam tanaman, pupuk anorganik dan organik, kesetimbangan nutrisi tanaman.

AGR 535        Kesesuaian Lahan untuk Perencanaan Tata-Ruang                     3 (2-1)
Klasifikasi-klasifikasi tanah, taksonomi tanah, ordo tanah, kajian lapangan sumberdaya lahan, evaluasi lahan: klasifikasi kemampuan dan kesesuaian, perencanaan tata-ruang berdasarkan kesesuaian.

AGR 631        Sistem Informasi Manajemen Pertanian                             2 (2-0)
Sistem informasi organisasi, kebutuhan dan sumber informasi manajemen, konsep sistem informasi manajemen (SIM), model SIM dan pendekatan sistem, membangun sistem informasi.

AGR 503        Sistem Produksi                                                         2 (2-0)
Peningkatan produksi tanaman dengan teknik perekayasaan lingkungan, potensi fisiologi tanaman yang mempunyai dampak rendah terhadap lingkungan dengan memperhatikan aspek-aspek manajemen lapang produksi dalam bidang pertanian.

AGR 513        Agroklimatologi                                                               2 (2-0)
Pengaruh unsur-unsur cuaca (radiasi surya, suhu udara, angin, kelembaban udara, curah hujan) terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

AGR 534        Model Simulasi Untuk Perencanaan Pertanian           3 (2-1)
Teori pembuatan model simulasi tanaman: pengaruh tanah, tanaman dan cuaca terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman, neraca air serta neraca nitrogen tanaman, model konseptual (diagram forrester) dan model matematik (program visual basic).

AGR 544        Filsafat/Teori Konservasi                                               2 (2-0)
Dinamika manusia (populasi, nilai, dan etika), Ekosistem bumi (biodiversitas, fungsi-fungsi ekologis), Konservasi ditinjau dari berbagai sudut pandang (sosial, ekonomi, politik, ekologi), Kebijakan, Peraturan, dan Konvensi Konservasi (asal-usul dan perkembangan; internasional, nasional, dan daerah).

AGR 646        Hutan dan Ekoturisme                                                     2 (2-0)
Definisi dan implementasi dari wisata alam (outdoor recreation), Bentuk-bentuk kawasan dan objek wisata alam, Kendala dan permasalahan dalam pengembangan wisata alam, Kebijakan dan Konvensi Kawasan Rekreasi Alam, Strategi-strategi pengembangan rekreasi alam, Presentasi studi-studi kasus.

AGR 643        Ekologi Restorasi Hutan (ERH)                               2 (2-0)
Signifikansi, sasaran, dan kriteria ERH, Peran manusia dalam ERH, Prinsip-prinsip ekologis dalam ERH, Pemulihan tutupan vegetasi pada lahan marjinal, Restorasi species dan ekosistem hutan berstatus rawan dan dilindungi, Restorasi hutan tropika basah.

AGR 546        Ekonomi Sumberdaya Hutan                                  2 (2-0)
Sumberdaya hutan dan pengelolaannya, analisis biaya dan manfaat dalam penggunaan sumberdaya hutan. Masalah kebijakan pengelolaan hutan alam produksi, desentralisasi kehutanan, peraturan perundangan kehutanan.

AGR 634        Teori Pengambilan Keputusan                                2 (2-0)
Model-model pengambilan keputusan yang berkaitan dengan perubahan keputusan dan kebijaksanaaan dengan kondisi gambaran awal sejumlah konsekuensi tindakan. Konteks fungsi tujuan, prakiraan keputusan yang optimal.

AGR 536        Analisis Lingkungan Pertanian                               2 (2-0)
Konsep-konsep lingkungan di bidang pertanian, azas-azas lingkungan dalam peningkatan produksi pertanian.

AGR 647        Pengelolaan Daerah Aliran Sungai                         2 (2-0)
Pengaruh vegetasi terhadap iklim, air, dan tanah. Penggunaan pengetahuan tentang pengaruh hewan terhadap manajemen ekosistem daerah aliran sungai. Pengawetan dan peningkatan hasil pemantapan debit air sungai, pengaruh sedimen dan perbaikan lingkungan.

AGR 542        Biodiversitas                                                               2 (2-0)
Mata kuliah ini memperdalam isu biodiversitas yang ditinjau dari aspek teori terciptanya keberagaman organisme di bumi, ciri dan ukuran biodiversitas, ancaman terhadap biodiversitas, dan perlindungan terhadap biodiversitas. Di dalamnya akan tercakup bahasan tentang kepunahan, exploitasi berlebihan, status kelangkaan, endemisitas, produk alam dan jasa lingkungan, pola biodiversitas global, pengaruh aktivitas manusia serta konsep penting dalam usaha konservasi.

AGR 545        Kebijakan dan konvensi SD hutan                          2 (2-0)
Kebijakan dan Konvensi Sumberdaya Hutan mendalami instrumen-instrumen penting yang melahirkan dan melaksanakan kebijakan dalam pengelolaan dan penyelamatan hutan. Ulasan dan sintesis tentang kriteria dan indikator pengelolaan hutan berkelanjutan yang dipertentangkan dengan rejim perdagangan kayu tropis. Posisi sumber daya hutan dalam konvensi internasional didalami lewat proses dan materi berbagai aturan, konvensi dan persetujuan secara nasional dan internasional.

AGR 644        Manajemen Agroforestri                                          2 (2-0)
Mata kuliah Manajemen Agroforestri bertitik tolak pada pengelolaan lahan untuk tujuan perlindungan dan produksi secara bersama-sama. Mata kuliah ini mendalami berbagai sistem agroforestri yang ditopang dengan pengetahuan tentang: kondisi faktor lingkungan, fungsi dan proses dalam sistem agroforestri, konsep pembentukan dan pengawetan tanah, restorasi lahan kritis, ekosistem berhutan di daerah urban, dan peranan lingkungan perca.

AGR 541        Manajemen Hutan Tropis                                        2 (2-0)
Mata Ajaran Manajemen Hutan Tropis akan membahas pengelolaan hutan tropis dengan penekanan pada aspek lingkungan, perusakan, fragmentasi, keberlanjutan, ekonomi, sosial-budaya, dan perlindungan. Fokus diskusi akan mengulas sisi terkait dari aspek iklim, stabilitas, jaring makanan, siklus hara, tanah, keberanekaan jenis, dan nilai hutan tropis.  Laju, pola, dan pemicu berbagai aktivitas penebangan dikemukakan dengan contoh pada pengumpulan kayu bakar, perladangan berpindah, sebaran penggunaan lahan, tekanan penduduk. Pengelolaan berkelanjutan didasarkan pada daya dukung biologis, konteks sosial budaya, kapasitas institusional, kompatibilitas terhadap konservasi, dan keberlanjutan melalui partisipasi masyarakat. Pendekatan ekonomi dan ekologis untuk kuantifikasi, restorasi dan pengelolaan hutan teperca dan pembangunan kawasan lindung.

AGR 531        Pemrograman Komputer                                         3(2-1)
Mata kuliah Pemrograman Komputer akan menekankan kepentingan pembuatan program komputer, bahasa pemrograman, matematika terapan untuk pemrograman, program komputer untuk riset, dan pemodelan dan simulasi yang menghidupkan persamaan matematika ke dalam dinamika biosistem. Secara paralel semua topik ini mengantar mahasiswa untuk menyusun proyek pemrograman komputer untuk (1)  pemecahan masalah dalam sistem bioekologi dan atau (2) penciptaan mekanisme evaluasi dan monitoring suatu kerja tersistem.

AGR 642        Teknologi Informasi Geografi                                  2 (2-0)
Mata kuliah Teknologi Informasi Geografi berlandas pada kemajuan sistem informasi geografi (GIS) dengan segenap perangkat penerapannya. Tema sentral dalam kuliah ini meliputi pengantar data GIS, operasi dasar GIS, operasi topografi, operasi linier, interpolasi keruangan, global positioning system (GPS), penginderaan jarak jauh, dan pemodelan dalam GIS. Setiap topik dilengkapi dengan studi kasus tentang kemajuan dan penerapan praktis untuk pemecahan masalah pengelolaan pertanian, perkotaan, dan sumberdaya alam.

AGR 549        Konservasi Sumber Daya Hutan                             2 (2-0)
Hutan sebagai suatu sumberdaya alam, hutan tropika basah dan biodiversitas, jenis-jenis flora dan fauna yang dilindungi, bentuk-bentuk kawasan konservasi, kebijakan, peraturan, dan konvensi konservasi hutan, upaya-upaya konservasi hutan berbasis masyarakat


PERSYARATAN CALON PESERTA
           
Calon peserta didik adalah lulusan S-1 dengan latar belakang pendidikan pertanian (dalam arti luas) FMIPA, Ekonomi,  Lingkungan, dan bidang ilmu sesuai dengan program studi yang diikuti pelamar dalam program pendidikan Magister harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

(a). Persyaratan Akademik :
  • Memiliki ijazah sarjana negeri atau sederajat dengan IPK minimal 2,75
  • Pemegang ijazah sarjana dari bidang ilmu yang sesuai atau berkaitan dengan program studi yang akan diikuti.
  • Memiliki kemahiran berbahasa Inggris.
  • Lulus seleksi masuk yang dilaksanakan oleh PPs Unsrat.

(b). Persyaratan Administrasi :
  • Lamaran peserta didik diajukan secara tertulis dengan mengisi formulir yang tersedia (rangkap 3) dan dikirimkan/dialamatkan ke PPs Unsrat.
  • Surat rekomendasi dari dosen/mantan dosen/atasan yang dapat merupakan referensi.
  • Biaya Pendidikan

            Pendaftaran seleksi                             Rp.         250.000,-
            Biaya Alih Tahun                                Rp.         700.000,-
            SPP per semester (Kelas Pagi)           Rp.      3.500.000,-
            SPP per semester (Kelas Sore)           Rp.      6.000.000,-
            Pendaftaran Semester                         Rp          100.000,-
            Tuition Fee per SKS (S2 dan S3)       Rp.         100.000,-
            Dana Pengembangan/Sem (Sore)      Rp.         700.000,-
            Dana Pembangunan (Kelas Pagi)      Rp.      2.500.000,-
            Dana Pembangunan (Kelas Sore)      Rp.      5.000.000,-

BEASISWA

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPs) Dikti diperuntukkan bagi staf pengajar tetap Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang berstatus Pegawai Negeri (memiliki NIP).  Beasiswa ini meliputi biaya hidup dan bantuan biaya buku serta biaya penelitian.  Alokasi penerima beasiswa ini sangat terbatas. Adapun jadwal pengusulan calon penerima BPPS sbb: Januari-Maret (memasukkan berkas); April-Mei (Proses seleksi); Mei-Juni (Pengusulan calon ke Dirjen Dikti); Juni-Agustus (Penetapan penerima BPPs).

PENDAFTARAN

Mengisi dan menyerahkan/mengirimkan formulir pendaftaran yang dilampiri (masing-masing rangkap 3) :
  • Salinan Ijazah dan transkrip akademik yang dilegalisir
  • Surat Keterangan sehat dari dokter
  • Riwayat Hidup (curriculum vitae)
  • Jika dalam status bekerja, harus memperoleh ijin tertulis dari instansi tempat bekerja
  • Surat Keterangan berkelakuan baik dari POLRI
  • Surat Keterangan jaminan pembayaran studi
  • Pas foto hitam putih 3 x 4 cm (6 lembar)
  • Menyerahkan bukti pembayaran biaya administrasi dari Bank BNI atas nama Rektor Unsrat
  • Waktu pendaftaran dimulai pada Januari hingga Mei setiap tahun ajaran.
  • Pendaftaran dapat dilakukan melalui facsimile atau e-mail ke alamat PPs Unsrat Manado atau melalui pendaftaran online di www.pps-unsratmanado.blogspot.com dengan ketentuan bahwa formulir pendaftaran asli dan lampirannya disampaikan kemudian.
  • Pendaftaran ditujukan kepada :
  • Direktur Program Pascasarjana UNSRAT
  • Jalan Kampus UNSRAT, Bahu, Manado 95115
  • Seleksi masuk diadakan pada bulan Juni, pelaksanaan alih tahun pada bulan Agustus.  Kuliah dimulai pada 1 September.

TENAGA  PENGAJAR

  1. Prof . Dr. Ir. J. Rantung
  2. Prof . Dr. Ir. J. Pongoh
  3. Dr. Ir. J. E. X. Rogi
  4. Dr. Ir. D. S. Runtunuwu, MS
  5. Prof. Dr. Ir. Ch. Kaunang
  6. Dr. Ir. J. Rombang
  7. Prof. Dr. Ir. D. I. Th. Walalangi, MS
  8. Prof. Dr. Ir. J. Polii-Mandang, MS
  9. Dr. Ir. E. Lengkong, MSI
  10. Dr. Ir. Arthur Pinaria, MS
  11. Dr. Ir. Deddy Tooy, MSI
  12. Prof. Dr. Ir. Jen Tatuh, MS
  13. Prof. Dr. Ir. B. J. V. Polii, MS
  14. Prof. Dr. Ir. David Kaligis
  15. Dr. Ir. Zetly E. Tamod, MSI
  16. Dr. Sarojo, MSI
  17. Prof. Ir. T. Butar-Butar, MSI
  18. Dr. Wiske Rotinsulu, SP, MES
  19. Dr. Ir. Sandra Pakasi , MSI
  20. Prof. Dr. Ir. S. Berhimpon, MS
  21. Dr. Ir. J. Sampekalo, MSc
  22. Prof. Dr. A. J. Lonan, SH.,MH
  23. Dr. Ir. Arie D. Mirah, MS
  24. Dr. C. B. D. Pakasi, SP.,MP
  25. Prof. Dr. Ir. J. Lonan, SH.,MH
  26. Dr. Ir. F.H. Elly, MP
  27. Ir. B. Rorimpandey, MP
  28. Dr. Ir. F. S. Oley, MS
  29. Ir. B. F. J. Sondakh, MS
  30. Prof. Dr. Ir. V. V. J. Panelewen, Mec

* Dosen Luar Biasa dari University of Washington, USA.

Loading...
 
Terimakasih Telah Mengunjungi PPs UNSRAT Manado Semoga Informasi Yang Disajikan Dapat Membantu / Mohon Maaf Web Dalam Proses Perbaikan.....Thank's...

PPS UNSRAT MANADO 10 03 1985 Admin Stenly Eriando Jacobis is Designed by 401T