KABAR GEMBIRA PASCASARJANA UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO TELAH MEMBUKA PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013 UNTUK PROGRAM MAGISTER DAN DOCTORAL

Senin, 26 Desember 2011

Program Studi Ilmu Pangan


PIMPINAN

Ketua : Prof. Dr. Ir. D.T. Sembel, B.Agr.Sc
Sekretaris : Ir. D. Tooy, MSi.,PhD

Beroperasi sejak tahun 1997
(No.392/DIKTI/Kep./1997)

AKREDITASI

B

PENDAHULUAN

Pangan adalah komoditi utama di dalam kehidupan manusia. Setiap harinya sejak lahir manusia mengkonsumsi pangan. Apa yang dimakan manusia tergantung pada berbagai faktor. Sementara ketersediaan pangan dipandang sebagai hal yang penting, nutrisi pangan serta latar belakang budaya, kualitas dan kondisi ekonomi juga berpengaruh terhadap pola makan.

Pendidikan Pascasarjana pada Program Studi Ilmu Pangan Universitas Sam Ratulangi mengkhususkan perhatian pada pengembangan pengetahuan dan kedalaman bekal ilmu yang diarahkan untuk dapat menghasilkan tenaga ahli yang kompeten dalam penanganan pangan dan gizi dengan gelar Magister. Tenaga tersebut berkesempatan dalam karirnya memahami tantangan bidang pangan, gizi, dan penanganannya dalam ruang lingkup ekonomi, sosial, serta ilmu dan teknologi yang tersedia.

Berdasarkan keputusan Dirjen Dikti No.392 /DIKTI/Kep/1997 tanggal 30 september 1997 tentang Pembentukan Program Studi S2 Ilmu Pangan di Universitas Sam Ratulangi Manado, dengan melihat perkembangan pangan di Kawasan Timur Indonesia maka program studi ini dibuka karena sangat dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga profesional dan akademik di bidang Ilmu Pangan dan Nutrisi serta mempersiapkan peserta untuk mengikuti tataran pendidikan yang lebih tinggi yaitu Program Doktor.

Untuk minat Ilmu Pangan, seperti diketahui bahwa industri pangan merupakan salah satu sektor ekonomi dunia yang perkembangannya sangat cepat, menawarkan karir yang menarik mulai dari profesi sebagai peneliti dan praktisi industri pangan hingga karir di berbagai perusahaan pangan nasional bahkan internasional. Minat Ilmu Pangan menekankan pada pendekatan multidisiplin terhadap aspek-aspek pangan yang meliputi pengolahan, kimia, fisika, biologi dan mikrobiologi, bioteknologi, keterjaminan mutu dan keamanan pangan, prosedur analitis, produk pangan, standar serta peraturan.

Minat Nutrisi memberikan pengetahuan ilmiah untuk berbagai aspek pangan dan gizi manusia dan peluang untuk mengembangkan spesialisasi di bidang biokimia nutrisi, nutrisi dan penduduk, atau nutrisi pangan. Program ini juga membuka peluang peserta untuk melanjutkan studi ke tingkat doktor atau mengembangkan karir sebagai peneliti maupun praktisi di berbagai industri pangan maupun lembaga pemerintah yang berwewenang menangani masalah kesehatan penduduk.

VISI
Mensejahterakan kehidupan bangsa lewat penciptaan tenaga ahli yang terampil dalam bidang teknologi pangan, terutama dalam meningkatkan pemanfaatan potensi sumber pangan di Kawasan Timur Indonesia secara lebih optimal dalam menghasilkan pangan yang berkualitas.

MISI
Mengembangkan pendidikan, penelitian dan berbagai program yang dirancang untuk pengembangan ilmu dan pengetahuan menyangkut komposisi, pengolahan, kualitas dan keamanan pangan. Menciptakan tenaga ahli yang terampil dalam bidang teknologi pangan, terutama dalam meningkatkan pemanfaatan potensi sumber pangan di Kawasan Timur Indonesia secara lebih optimal.

TUJUAN
Program Studi Ilmu Pangan memiliki tujuan khusus sebagai berikut :
1. Menambah bekal ilmu dan pengetahuan teknis untuk menangani dan mengembangkan bidang pengolahan dan nutrisi pangan.
2. Memberikan keterampilan untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan.
3. Meningkatkan kemampuan dalam merencanakan industri pengolahan.
4. Mempersiapkan peserta untuk dapat mengikuti Program Pascasarjana Stratum 3 (Program Doktor).

SILABUS MATA KULIAH

IPN 520 Biokimia Lanjut 3 (2-1) 1
Mempelajari metabolisme, siklus ATP dan bionergetika sel, glikolisis, lintas pusat katabolisme glukosa, siklus asam sitrat, transport elektron, fosforilasi oksidatif, dan pengaturan produksi ATP, oksidasi asam lemak di jaringan hewan, degradasi oksidatif asam amino : siklus urea.

IPN 521 Kimia Pangan 3 (2-1) 1
Mempelajari sifat-sifat dan fungsi alamiah air, berbagai zat aditif, mineral, karbohidrat, lemak dan protein.

IPN 522 Kimia dan Teknologi Karbohidrat 2 (1-1) 2
Mengkaji aspek kimia karbohidrat, teknologi pengolahan pati, pengembangan produk-produk olahan dari bahan baku karbohidrat, bagaimana teknologi prosesnya sampai mendapatkan produk akhir yang berkualitas.

IPN 523 Kimia dan Teknologi Protein 2 (1-1) 2
Mempelajari aspek kimia protein, bagaimana teknologinya mulai dari bahan baku sampai keproses produksinya yang berkualitas.

IPN 524 Kimia dan Teknologi Lipida
Mengkaji berbagai aspek kimia lipida: bagaimana teknologi pengolahan lipidanya sampai pada pengembangan produk-produk olahan dari bahan baku lipid sampai menjadi produk akhir yang berkualitas.

IPN 525 Enzim Pangan 2 (1-1) 3
Mengkaji berbagai enzim yang terdapat pada bahan pangan, baik nabati maupun hewani. mengenal macam-macam enzim untuk industri pengolahan bahan makanan. Biosintesis metabolit primer maupun sekunder. pengaturan produksi dan teknologi enzim.

IPN 526 Mikronutrien 3 (2-1) 3
Mempelajari bermacam-macam vitamin dan mineral yang terkandung dalam bahan pangan, baik vitamin yang dibutuhkan tubuh/organisme hidup dan bagaimana metabolismenya.

IPN 530 Mikrobiologi Pangan 3 (2-1) 1
Sumber-sumber mikroba pada bahan pangan, pengaruh lingkungan terhadap mikroba dan bahan makanan segar, fermentasi, akumulasi toksin,keracunan, pengujian mikrobiologis makanan.

IPN 535 Sifat Fisik Bahan Pangan
dan Terapannya 3 (2-1) 1
Membahas sifat-sifat mekanis yang penting dalam menentukan kualitas rheologi dan tekstur makanan. Juga dibahas sifat-sifat fisik pada makanan seperti kerapatan, difusivitas panas, konduktivitas panas,porositas, heat capacity dan sebagainya. Penerapan alat-alat yang digunakan dalam pengukuran sifat mekanis serta fisik lainnya, antara lain : Mikroskop biasa, mikroskop elektron, instrumen pengetes kekerasan, termokopel, instrumen penganalisa panas, dan sebagainya.

IPN 540 Ilmu Gizi Terapan 2 (1-1) 2
Mempelajari zat-zat gizi pangan, energi, mengkaji berbagai zat gizi pada bahan pangan, dari bahan baku sampai dengan produk akhir tentang karbohidrat, protein, lemak vitamin, mineral, air, pengolahan makanan oleh tubuh, dan metabolisme.

IPN 541 Epidemiologi Gizi 2 (1-1) 2
Mempelajari berbagai epidemik gizi yang ada pada organisme hidup.

IPN 542 Antropologi Gizi 2 (1-1) 2
Mengkaji/mempelajari tentang prinsip-prinsip ilmu gizi, bagaimana perannya pada organisme hidup.

IPN 543 Perencanaan dan Pengelolaan Gizi 2 (1-1) 2
Mempelajari berbagai teknik perencanaan dan pengelolaan gizi yang dibutuhkan oleh organisme hidup. Kebutuhan tubuh akan zat gizi dicukupi atau tidak dicukupi tergantung dari pangan yang dikonsumsi.

IPN 545 Sistem Kesehatan
dan Gizi Masyarakat 2 (1-1) 2
Mempelajari bagaimana sistem kesehatan dan gizi yang ada pada masyarakat, pangan, gizi dan pertanian, program pangan dan gizi di tingkat masyarakat, perencanaan program, pelaksanaan dan penilaian.

IPN 546 Sistem Pemasaran Pangan 2 (1-1) 2
Mempelajari tentang sistem/cara-cara penjualan/marketing dari produk-produk pangan, mengkaji sistem melaksanakan penjualan/marketing di berbagai tingkatan/segment pangsa pasar.

IPN 547 Perencanaan Komunikasi Gizi 2 (1-1) 3
Merancang perencanaan program komunikasi gizi pelaksanaan dan penilaian.

IPN 548 Intervensi Pangan dan Gizi
Mengkaji tentang pangan dan gizi dan kesehatan, nilai pangan, kebutuhan gizi dan penilaian gizi, sistem pangan dan dampaknya pada gizi.

IPN 550 Teknik Pangan Lanjut 2 (1-1) 2
Mempelajari sifat-sifat mekanika fluida pangan pada khususnya yang berkaitan dengan proses rendering , ekstrusi dan pencampuran; dipelajari pula masalah pengemasan/pengepakan serta pemindahan massa dan panas yang terjadi selama penyimpanan serta proses pengeringan beku.

IPN 551 Teknologi Pascapanen Nabati 2 (1-1) 2
Fungsi, manfaat teknologi pascapanen nabati, prospek pengembangan produk-produk olahan dari bahan baku nabati, prosesing sampai ke produk akhir yang berkualitas, serta kajian teknologi nabatinya.

IPN 552 Teknologi Pascapanen Hewani 2(1-1)2
Mempelajari aspek pascapanen hewani, fungsi, dan manfaatnya. Prospekpengembangan produk-produk olahan dari bahan mentah hewani,proses pengolahanya sampai ke produk akhir serta teknologinya dan kajian kualitasnya.

IPN 553 Teknologi Bio-Proses Pangan 2(1-1)2
Pengetahuan tentang prospek pengembangan bioproses dalam industri pangan, teknologi fermentasi, teknologi enzim serta mikrobiologi fermentasi tradisionil.

IPN 561 Proses Thermal 2 (1-1) 2
Mempelajari cara-cara mengukur ketahanan panas mikroba, serta perhitungan pangan untuk proses pengolahan seperti pasteurisasi dan sterilisasi. Diskusi perhitungan panas mencakup berbagai metode diantaranya formula umum, formula matematik, formula analitik, dan formula integrasi, termasuk formula-formula menurut Stumbo, Bal, Hicks, Pflug dan sebagainya. Perhitungan-perhitungan ditekankan pada optimasi proses.

IPN 562 Pendinginan dan Pembekuan 2 (1-1) 2
Mengkaji tentang teori-teori pendinginan dan pembekuan, bagaimana penerapannya pada bahan-bahan pangan sebelum, sedang, dan sesudah diproses.

IPN 563 Pengeringan Dalam
Industri Pangan 2 (1-1) 3
Prinsip-prinsip pengeringan yang mencakup energi, transfer materi dan energi, dan model-model pad proses pengeringan. Pembahasan dititikberatkan pada analisis model sedangkan praktikum pada metodologi penelitian pengeringan. materi kuliah meliputi peranan udara, energi penguapan macam-macam prinsip pengeringan dan sifat-sifat hasil kering.

IPN 565 Toksikologi Pangan 2 (1-1) 3
Mengkaji bahan-bahan yang menyebabkan toksik pada bahan pangan, patogen-patogen yang ditularkan melalui makanan baik yang bersifat infeksius, maupun yang toksik serta mempelajari kontaminasi bahan kimia pada bahan pangan.

IPN 575 Gizi Manula 2 (1-1) 3
Merancang perencanaan program komunikasi gizi pelaksanaan dan penilaian.

IPN 576 Kebutuhan dan
Rekomendasi Gizi 2 (1-1) 3
Menkaji kebutuhan gizi dan rekomendasinya. Pangan dan gizi, kebutuhan pangan dan gizi dan penilaian status gizi.

IPN 580 Pengawasan Mutu
dan Keamanan Pangan 3(2-1)2
Kajian mutu bahan pangan, sanitasi sejak bahan mentah, processing, sampai ke produk akhir. Analisis berbagai nutrien bahan pangan dan sanitasinya.

IPN 581 Sistem Produksi Pangan dan Gizi 2 (1-1) 3
Mempelajari tentang cara-cara memperoduksi pangan dan gizi, cara-cara pengolahan dan penyimpanan pangan. Sistem pengadaan pangan, sistem penganekaragaman pangan.

IPN 582 Fisiologi dan
Penanganan Bahan Pangan 2 (1-1) 2
Menagani dan mempelajari proses yang terjadi sesudah panen, perubahan fisik dan kimia pada hasil-hasil pertanian sesudah panen termasuk pengemasan dan penyimpanan.

IPN 610 Teknik Laboratorium 3 (2-1) 2
Prinsip dan pengenalan berbagai jenis alat serta instrumen penelitian serta penggunaannya dalam analisis bahan pangan, khususnya dalam penguasaan analisis dengan menggunakan peralatan-peralatan yang tinggi ketelitiannya.

IPN 620 Agroindustri &
Pengembangan Produk Pangan 2 (1-1) 3
Mengkaji kemungkinan berbagai bahan pangan untuk pengembangan produk industri. Mempelajari cara-cara teknologi olahan bahan pangan sehingga mendapatkan produk pangan yang berkualitas.

IPN 500 Analisa Statistika 3 (2-1) 3

IPN 570 Metodologi Penelitian 3 (2-1) 3


TENAGA PENGAJAR

Prof. Ir. D.T. Sembel, B.Agr.Sc, Ph.D
Prof. Dr. Ir. L.C. Mandey, MS
Ir. Dedy Tooy, MS., PhD
Prof. Ir. S. Berhimpon, M.App.Sc, Ph.D
Prof. Ir. Budiarso, M.Sc
Prof. Ir. I.K. Suwetja, M.Sc, Ph.D
Prof. Dr. Sakidja
Prof. Dr. Ir. J. Rantung, MS
Prof. Dr. Ir. J. Pongoh, MS
Prof. Ir. R. Molenaar, MS, Ph.D
Prof. dr. J. Posangi, MSc.Ph.D
dr. J.N. Jacobs, Dpl.Gizi
Ir. Julius Pontoh, M.Sc, Ph.D
Ir. Donald Pokatong, M.Sc, Ph.D
Dr. Ir. F. Wenur, MS
Dr. Ir. I. Rumengan, M.Sc
Dr. Ir. H. Onibala
Dr. Ir. F. Ijong, M.Sc
dr. J.A.M. Rattu, MS, Ph.D
Dr. J. Muniharapon, MS
Ir. H.H. Sompie, SU
Ir. B. Kaseger, MS
Ir. M.G.J. Ottay, MA
Ir. J. Kumendong, MS
Ir. M. Ludong, MS
Ir. M.F. Sumual, M.Sc
Ir. D. Rawung, SU, M.Sc
dr. S. Kawengian, MSi
Ir. D. Mandey-K, M.Sc
Ir. B.O. Malingkas, MS
Ir. V. Rampengan, MS
Ir..E.J.N. Nurali, MS
Ir. G.S.S. Djarkasi, MS
Ir. L. Lengkey, MSi
Ir. M.B. Lelemboto, MS
Ir. R. Alamsyah, M.App.Sc
Ir. A. Agustine, M.App.Sc

BIAYA PENDIDIKAN

Pendaftaran seleksi Rp. 250.000,-
Biaya Alih Tahun Rp. 700.000,-
SPP / semester (Kelas Pagi) Rp. 3.500.000,-
SPP / semester (Kelas Sore) Rp. 6.000.000,-
Pendaftaran Semester Rp 100.000,-
Tuition Fee / SKS (S2 dan S3) Rp. 100.000,-
Dana Pengembangan/Sem (Sore) Rp. 700.000,-
Dana Pembangunan (Kelas Pagi) Rp. 2.500.000,-
Dana Pembangunan (Kelas Sore) Rp. 5.000.000,-
Dana Pembangunan (Malam) Rp. 5.000.000,-

BEASISWA
Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPs) Dikti diperuntukkan bagi staf pengajar tetap Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang berstatus Pegawai Negeri (memiliki NIP). Beasiswa ini meliputi biaya hidup dan bantuan biaya buku serta biaya penelitian. Alokasi penerima beasiswa ini sangat terbatas. Adapun prosedur pengusulan calon penerima BPPS sbb: Januari-Maret (memasukkan berkas); April-Mei (Proses seleksi); Mei-Juni (Pengusulan calon ke Dirjen Dikti); Juni-Agustus (Penetapan penerima BPPs).

SYARAT PENERIMAAN
Program studi Ilmu Pangan menerima calon peserta didik dengan latar belakang S-1 dengan IPK minimal 2,75 bidang Pertanian, Perikanan, Peternakan, FMIPA, Kedokteran, dan usaha industri pangan.

1. Calon peserta didik harus mengisi formulir pendaftaran yang disediakan dengan melampirkan :
• Salinan Ijazah dan transkrip akademik yang dilegalisir
• Surat Keterangan sehat dari dokter
• Riwayat Hidup (curriculum vitae)
• Jika dalam status bekerja harus memperoleh ijin tertulis dari instansi tempat bekerja
• Surat Keterangan berkelakuan baik dari POLRI
• Surat Keterangan jaminan pembayaran studi
• Pas foto hitam putih 3 x 4 cm (6 lembar)
• Menyerahkan bukti pembayaran biaya administrasi dari Bank BTN atas nama Rektor Unsrat
2. Waktu pendaftaran dimulai pada Januari hingga Mei setiap tahun ajaran.
3. Pendaftaran dapat dilakukan melalui faxcimile atau e-mail ke alamat PPs Unsrat Manado dengan ketentuan bahwa formulir pendaftaran dan lampirannya disampaikan kemudian.
4. Pendaftaran ditujukan kepada Direktur Program Pascasarjana Unsrat dengan alamat :
Program Pascasarjana UNSRAT
Jalan Kampus UNSRAT Kleak Bahu Manado 95115
Fax. (0431) 821212
e-mail : pascaunsrat@yahoo.fr
5. Seleksi masuk diadakan pada bulan Juni dan pelaksanaan alih tahun pada bulan Juli dan Agustus. Kuliah dimulai pada 1 September.

Loading...
 
Terimakasih Telah Mengunjungi PPs UNSRAT Manado Semoga Informasi Yang Disajikan Dapat Membantu / Mohon Maaf Web Dalam Proses Perbaikan.....Thank's...

PPS UNSRAT MANADO 10 03 1985 Admin Stenly Eriando Jacobis is Designed by 401T