KABAR GEMBIRA PASCASARJANA UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO TELAH MEMBUKA PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013 UNTUK PROGRAM MAGISTER DAN DOCTORAL

Rabu, 21 Desember 2011

Program Studi Linguistik



PIMPINAN

Ketua              :  Prof. Dr. W.H.C.M. Lalamentik, MS
Sekretaris        :  Dr. Leika Kalangi, MS

Beroperasi Sejak Tahun 1993
(No.426/DIKTI/Kep/1993)


AKREDITASI

B

PENDAHULUAN

Negara Republik Indonesia kaya dengan bahasa.  Ada sekitar tujuh ratusan bahasa yang telah ditemukan.  Sebagian besar diantaranya terdapat di Kawasan Timur Indonesia termasuk di Sulawesi Utara, yang juga merupakan Kawasan Tepi Pasifik.  Kekayaan negara ini perlu dilestarikan melalui penelitian yang mendalam karena bahasa-bahasa ini termasuk unsur-unsur budaya yang sangat penting yang perlu diwariskan kepada generasi yang akan datang.

Untuk menyiapkan tenaga-tenaga yang andal yang dapat menggeluti bahasa-bahasa di Indonesia pada umumnya, dan di Kawasan Timur Indoensia pada khususnya, Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi Manado menyodorkan Program Studi Linguistik dengan tiga minat, yakni (1) Linguistik Antropologi, (2) Linguistik Terapan, dan (3) Teori Linguistik.  Bagi para sarjana bahasa dan sarjana antropologi, setiap minat merupakan kesempatan yang menjanjikan lapangan perburuan ilmu yang menantang untuk membuka jalan ke masa depan yang cerah.  Linguistik Antropologi merupakan minat yang akan memampukan peserta didik menggali ungkapan-ungkapan bahasa bermakna budaya melalui berbagai segi kehidupan etnis, sedangkan Linguistik Terapan merupakan minat yang akan meningkatkan kemampuan peserta didik belajar dan mengajar bahasa, menjadi penyusun kamus serta pengolah bahasa melalui komputer

V I S I
Menyiapkan sumberdaya manusia yang andal dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu bahasa dalam lingkup regional yang merupakan bagian dari Kawasan Timur Indonesia maupun bagian dari tepi Pasifik dan lingkup nasional; melalui kajian-kajian kebahasaan, kualitas hidup dari segi saling memahami dan saling menghargai pelbagai kebudayaan baik antar etnis maupun antar bangsa dapat ditingkatkan.

M I S I
Membina, mendidik, dan melengkapi lulusan Strata-1 dengan seperangkat pengetahuan baik teoritis maupun praktis agar mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan akademik, penelitian, dan profesi pada taraf Strata-2 dalam bidang ilmu bahasa.

TUJUAN
Menghasilkan lulusan Strata-2 yang memiliki kemampuan akademik dalam bidang-bidang Linguistik Antropologi, Linguistik Terapan, atau Teori Lingusitik, mampu menyelesaikan masalah kebahasaan melaui penelitian ilmiah dalam bidang terkait, dan mampu menerapkan serta menyebarluaskan pengetahuan dan hasil penelitiannya.

Program Strata-2 dalam bidang Linguistik menawarkan tiga minat, yaitu Linguistik Antropologi, Linguistik Terapan, dan Teori Linguistik.  Untuk memperoleh gelar Magister Humaniora dalam bidang Linguistik, peserta didik harus mengikuti kuliah dan mencapai 42-43 SKS, diluar 7 SKS untuk seminar dan tesis.

SILABUS MATA KULIAH

LIN     520      Teori Bahasa                                     (2-0)1
Mata kuliah inti untuk semua bidang minat.
Memberikan berbagai teori dan aliran linguistik, kemudian memusatkan perhatian pada satu teori/aliran;  hakekat bahasa dan teori bahasa, serta pengantar singkat tentang perkembangan studi kebahasaan.

LIN     525      Fonologi                                             3(3-0)1
Mata kuliah inti untuk semua bidang minat.
Menjelaskan tentang perbedaan antara fonetik dan fonemik, yang dilanjutkan dengan penjelasan mengenai dasar-dasar konsep fonem, oposisi, netralisasi, dan ciri-ciri bunyi; kemudian sistem dan proses fonologis serta latihan analisis fonologis..

LIN     527      Morfologi                                           2(2-0) 1
Mata kuliah inti untuk semua bidang minat
Memberikan pengetahuan tentang teori dan keterampilan melakukan analisis secara morfologis.

LIN     529      Sintaksis                                             3(3-0)1
Mata kuliah inti untuk semua bidang minat
Memberikan pengetahuan teori dan kemampuan menganalisis frase, klausa, dan kalimat dengan titik berat pada model tagmemik.

LIN     547      Filsafat Bahasa                                  2(2-0)1
Mata kuliah wajib untuk semua bidang minat.  Memberikan pengetahuan tentang perkembangan filsafat bahasa, teori makna, makna dan penggunaan bahasa, dan dasar teori bahasa.

LIN     530      Sosiologi                                            2(2-0)3
Mata kuliah wajib untuk bidang minat Linguistik Antropologi. Memberikan pemahaman tentang berbagai konsep dalam sosiologi.

LIN     540      Antropologi                                        2(2-0) 3
Mata kuliah wajib untuk bidang minat Linguistik Antropologi..Memberikan pemahaman tentang teori-teori utama dalam antropologi, khususnya yang berhubungan dengan konsep kebudayaan dan konsep masyarakat.

LIN     557      Semantik                                            3(3-0)2
Mata kuliah inti untuk semua bidang minat.  Memahami pertalian antara amanat atau persen dalam dunia makna dengan lambang bahasa yang mengisyaratkannya.

LIN     558      Pragmatik                                          2(2-0)2
Mata kuliah inti untuk semua bidang minat.  Membahas masalah makna bahasa dan kaitannya dengan tuturan (speech) sebagai bentuk tindakan dalam konteks sosial budaya.

LIN     550      Metodologi Penelitian Linguistik     3(3-0)2
Mata kuliah inti untuk semua bidang minat.
Mata kuliah ini meliputi perumusan masalah, lingkup dan pembatasan masalah, jenis-jenis metode dan teknik pengumpulan data, khusus menyangkut bahasa.  Dilanjutkan dengan metode analisis data, baik kualitatif maupun kuantitatif.  Kemudian, cara-cara pelaporan hasil penelitian dan latihan penyusunan rancangan penelitian.

LIN     570      Linguistik Antropologi                     3(3-0)3
Mata kuliah inti untuk bidang minat Linguistik Antropologi dan mata kuliah pilihan bagi bidang minat lain.  Memperkenalkan interaksi yang terdapat antara bahasa dan kebudayaan serta dampak yang satu kepada yang lain.

LIN     580      Pengantar Linguistik Teori & Terapan      2(2-0)2
Mata kuliah wajib untuk semua bidang minat. Studi tentang kaitan ilmu bahasa dan terapan dalam berbagai aspek yang menyangkut kebahasaan, pengajaran, perencanaan,  penerjemahan bahasa, dan sebagainya.

LIN     590      Perkembangan Teori Linguistik      3(3-0)3
Mata kuliah inti untuk bidang minat Linguistik Teori dan mata kuliah pilihan bagi bidang minat lain.  Penjelasan mulai dari telaah bahasa yang bersifat atomistis, kemudian berkembang ke analisis struktural sampai ke fungsional.  Linguistik abad XX mengalami perkembangan yang pesat, ditandai oleh berbagai paradigma yang membuahkan aliran-aliran seperti Bloomfieldian, Firthian, Tagmemik, dan Transformasi Generatif.

LIN     560      Sosiolinguistik                                    2(2-0)3
Mata kuliah wajib untuk bidang minat Linguistik Antropologi dan Linguistik Terapan.  Membahas struktur dan pemakaian bahasa dalam konteks sosial dan kultural, bilingualisme dan multilingualisme, bahasa baku dan bahasa nasional, variasi dialektal dan stilistik dan metodologi penelitian.

LIN     564      Bahasa Daerah                                  2(2-0)1
Mata kuliah wajib untuk bidang minat Linguistik Antropologi dan mata kuliah pilihan yang dianjurkan bagi bidang minat Teori Linguistik.  Membahas struktur suatu bahasa daerah dari segi fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik.

LIN     670      Linguistik Sinkronis & Diakronis    2(2-0)3
Mata kuliah wajib untuk bidang minat Linguistik Antropologi dan Teori Linguistik.  Memberikan pemahaman tentang masalah perubahan bahasa dan hubungannya dengan perbandingan bahasa serta keterampilan menerapkan metode linguistik komparatif.                         

LIN     672      Linguistik Bandingan Nusantara    2(2-0) 3
Mata kuliah inti untuk bidang minat Linguistik Antropologi dan mata kuliah pilihan untuk bidang minat  lain.  Mempelajari berbagai hasil penelitian terutama tesis doktor, tentang bahasa Indonesia dan bahasa nusantara serta membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan fonologi, morfologi, sintaksis dan sampai semantik bahasa Indonesia dan bahasa nusantara.

LIN     680      Metode Pengajaran Bahasa             3 (3-0)3
Mata kuliah wajib untuk bidang minat Linguistik Terapan dan mata kuliah pilihan bagi bidang minat lain.  Mata kuliah ini meliputi cara mengajarkan konsep dan prinsip belajar bahasa, cara menetapkan tujuan pelajaran, tipe dan teori belajar bahasa, model mengajar, pengelolaan kelas dan cara mengevaluasi hasil proses belajar-mengajar bahasa.

LIN     683      Leksikografi                                      2(2-0)3
Mata kuliah wajib untuk bidang minat Linguistik Terapan dan mata kuliah pilihan bagi bidang minat lain.  Selain mempelajari cara-cara penyusunan kamus, perlu mengetahui jenis-jenis kamus dari segi jumlah bahasanya, misalnya kamus eka-, dwi-, multi bahasa; kamus peristilahan menurut bidang ilmu, seperti kamus ekonomi, kamus dari aspek linguistik seperti kamus etimologi.  Latihan penyusunan kamus melengkapi mata kuliah ini.

LIN     685      Linguistik Komputasi                       3 (3-0)2
Mata kuliah wajib untuk semua bidang minat. Membahas dasar-dasar komputasi untuk analisis bahasa berdasarkan program True-Basic.

LIN     687      Analisis Wacana                                2(2-0)3
Mata kuliah wajib untuk bidang minat Linguistik Terapan dan mata kuliah pilihan yang dianjurkan untuk bidang minat lain.       Mata kuliah ini meliputi perkembangan analisis wacana dari telaah cerita-cerita narasi sampai ke analisis berbagai jenis wacana, seperti wacana prosedur, pemerian, pemaparan, dan hortatoris.  Pengetahuan mengenai tipologi wacana menjadi prasyarat untuk dapat menganalisis wacana.
  
LIN     688      Terjemahan                                       3(3-0)3
Mata kuliah pilihan untuk semua bidang minat. Mata kuliah ini ditekankan penerjemahan berdasar makna dengan penjelasan mengenai jenis-jenis makna dan informasi, seperti makna referensial dan makna kontekstual linguistis, serta informasi implisit dan eksplisit.  Juga tentang struktur proposisi dan hubungan komunikasi.  Mata kuliah ini dilengkapi dengan latihan penerjemahan.
  
LIN     660      Psikolinguistik                                   2 (2-0)3
Mata kuliah pilihan yang dianjurkan untuk bidang minat Linguistik Terapan.  Studi tentang penguasaan suatu bahasa dengan penekanan pada proses kejiwaan yang terlibat di dalamnya.

LIN     627      Morfologi Generatif                          2(2-0)2
Mata kuliah wajib untuk semua bidang minat.  Membahas teori morfologi generatif dan penerapannya lewat analisis pembentukan kata serta merumuskan kaidah-kaidah pembentukannya.

LIN     658      Tipologi Bahasa                                 2(2-0) 3
Mata kuliah wajib untuk bidang minat Linguistik Teori dan pilihan bagi bidang minat lain. Mata kuliah ini membahas perbandingan pola dan struktur bahasa-bahasa dengan penekanan pada morfo-sintaksis.

LIN     664      Dialektologi                                        2(2-0)3
Satu dari mata kuliah yang wajib dipilih untuk bidang minat Linguistik Teori dan mata kuliah pilihan bagi bidang minat lain.  Mata kuliah ini membahas teori, dialek dan bahasa, dialek geografi, dialektologi dan linguistik, variasi (sosial, spasial, geografi) bahasa, peta bahasa, isoglas bahasa, serta metode penelitian dialektologi sehingga terbentuklah satu kemampuan ilmu mengembangkan dialektologi pada mahasiswa.

LIN     690      Seminar         
Memberikan kesempatan peserta didik menggunakan tema dan topik pilihan untuk mempertajam masalah, teori konsep, dan dari penelitian serta penulisan yang direncanakan atau yang sudah selesai, tujuan akhir ialah pengarahan pada rencana penelitian karya ilmiah.

               
TENAGA PENGAJAR

Data yang pada bagian ini disesuaikan dengan SK Rektor Universitas Sam Ratulangi Manado disetiap semester tahun ajaran Pascasarjana UNSRAT Manado.

Prof. Dr Martha Salea-Warouw
Prof. Wiesje H.C.M. Lalamentik, Ph.D
Prof. Dr J.A. Danie
Dr. Leika M.V. Kalangi, MS
M.H. Soediroadmadja, MS, Ph.D
Dr. A,G. Senduk, MPd
Nihta V.F. Liando, MA, PhD
Golda J. Tulung, MA., MhD
Dra. Rina Pamantung, M.Hum
Dr. Ivan R.B. Kaunang, M.Hum

SYARAT PENERIMAAN
           
Calon peserta didik pada Program Studi Linguistik adalah mereka yang memiliki latar belakang Strata-1 dalam bidang studi Sastra Kebahasaan, Pendidikan Kebahasaan, Antropologi, Psikologi dan Sosiologi.  Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 dan memiliki nilai TOEFL minimal 425.  Apabila tidak memiliki nilai TOEFL yang disyaratkan, peserta didik yang bersangkutan wajib mengikuti Bahasa Inggris pada Program Alih Tahun dan Semester I s/d Semseter III.  Kelengkapan lain diberikan pada saat pendaftaran.  Peserta didik diterima apabila telah memenuhi semua persyaratan yang diminta.

BIAYA PENDIDIKAN
           
Pendaftaran seleksi
Rp.         250.000,-
Biaya Alih Tahun
Rp.         700.000,-
SPP per semester (Kelas Pagi)
Rp.      3.500.000,-
Pendaftaran Semester
Rp          100.000,-
Tuition Fee per SKS (S2 dan S3)      
Rp.         100.000,-
Dana Pembangunan (Kelas Pagi)
Rp.      2.500.000,-

                       
BEASISWA
           
Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPs) Dikti diperuntukkan bagi staf pengajar tetap Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang berstatus Pegawai Negeri (memiliki NIP).  Beasiswa ini meliputi biaya hidup dan bantuan biaya buku serta biaya penelitian.  Alokasi penerima beasiswa ini sangat terbatas. Adapun prosedur pengusulan calon penerima BPPS sbb:Januari-Maret (memasukkan berkas); April-Mei (Proses seleksi); Mei-Juni (Pengusulan calon ke Dirjen Dikti); Juni-Agustus (Penetapan penerima BPPs).

PENDAFTARAN

  1. Mengisi dan menyerahkan/mengirimkan formulir pendaftaran yang dilampiri (masing-masing rangkap 3) :
a.       Salinan Ijazah dan transkrip akademik yang dilegalisasi
b.      Surat Keterangan sehat dari dokter
c.       Riwayat Hidup (curriculum vitae)
d.      Jika dalam status bekerja harus memperoleh ijin tertulis dari instansi tempat bekerja
e.       Surak Keterangan berkelakuan baik dari POLRI
f.       Surat Keterangan jaminan pembayaran studi
g.      Pas foto hitam putih 3 x 4 cm (6 lembar)
  1. Menyerahkan bukti pembayaran biaya administrasi dari Bank BNI atas nama Rektor
  2. Waktu pendaftaran dimulai pada Januari hingga Mei setiap tahun ajaran.
  3. Pendaftaran dapat dilakukan melalui facsimile atau e-mail ke alamat PPs Unsrat Manado dengan ketentuan bahwa formulir pendaftaran dan lampirannya disampaikan kemudian.

Pendaftaran ditujukan kepada :
DIREKTUR Program Pascasarjana
Universitas Sam Ratulangi
Jl. Kampus UNSRAT Manado 95115
( (0431) 827441, 827240 Fax (0431) 821212

Seleksi masuk diadakan pada bulan Juni dan pelaksanaan alih tahun pada bulan Agustus.  Kuliah dimulai pada 1 September

 

Terimakasih Telah Mengunjungi PPs UNSRAT Manado Semoga Informasi Yang Disajikan Dapat Membantu / Mohon Maaf Web Dalam Proses Perbaikan.....Thank's...

PPS UNSRAT MANADO 10 03 1985 Admin Stenly Eriando Jacobis is Designed by 401T