KABAR GEMBIRA PASCASARJANA UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO TELAH MEMBUKA PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013 UNTUK PROGRAM MAGISTER DAN DOCTORAL

Sabtu, 24 Desember 2011

Program Studi Entomologi


PIMPINAN

Ketua              : Prof. Dr. Ir. Jootje Warouw
Sekretaris        : Prof. Dr. Ir. Max Tulung, MS


Beroperasi sejak tahun 1997
(No.390/DIKTI/Kep./1997)

AKREDITASI

B

PENDAHULUAN

Upaya penanggulangan spesies serangga yang membawa penyakit pada manusia di kawasan pemukiman serta kerusakan tanaman di areal pertanian, perkebunan, pertanaman, dan kehutanan telah dilakukan dengan menggunakan pestisida tetapi ternyata membawa dampak yang buruk terhadap lingkungan hidup yakni pencemaran pada air, tanah, dan udara;; memberikan residu yang beracun pada sayuran, buah-buahan, dan produk pangan, menyebabkan keracunan kronis pada manusia, hewan peliharaan, membunuh serangga berguna, dan menciptakan spesies hama baru.  Oleh karena itu perlu memahami komponen ekosistem yang akan menjadi dasar penaggulangan berbagai serangga pengganggu.  Salah satu entomologi penerapannya adalah pengendalian hama terpadu yang dibutuhkan dalam pembangunan berwawasan lingkungan.

VISI
Menyiapkan sumberdaya manusia yang mampu menguasai, mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Entomologi murni dan terapan, pertanian, peternakan, perikanan, kesehatan dan lingkungan hidup di Indonesia pada umumnya dan Kawasan Timur Indonesia pada khususnya, guna meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia.

Misi
1.Memikat dan memotivasi individu yang bertalenta tinggi untuk mengembangkan entomologi dan memanfaatkannya dalam pembangunan berwawasan lingkungan.

2.Mewujudkan masyarakat yang menghargai dan memberi nilai tambah terhadap pentingnya entomologiwan baik sebagai tenaga akademik, peneliti, pengambil keputusan, maupun wirausaha yang profesional dalam pembangunan.

TUJUAN
1.Menghasilkan tenaga pendidik, peneliti, praktisi dan usahawan dalam bidang entomologi
2.Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta didik dalam: (a) penalaran ilmiah, (b) perencana dan pengembangan berbagai metode dan teknik dalam pemanfaatan serangga berguna untuk peningkatan produksi sandang dan pangan, penggunaannya sebagai komponen utama pada Pengendalian Hama Terpadu (PHT) dalam berbagai agro ekosistem, pemanfaatannya dalam bidang kesehatan serta forensik dan indikator lingkungan hidup dan (c) mempersiapkan peserta didik untuk dapat melanjutkan jenjang studi tertinggi pada entomologi.

SILABUS MATA KULIAH

ENT    512      Akarologi                                           2 (1-1) 1
Membahas penggolongan, biologi, dan ekologi, pengendalian serta pengelolaan jenis-jenis tungau yang berguna dalam bidang pertanian.

ENT    520      Morfologi dan Fisiologi Serangga    3 (2-1) 1
Kerangka luar dan struktur dalam serangga dibahas dari segi evolusinya.  Pembahasan mencakup evolusi tubuh serangga, kepala dan toraks serta embelannya, alat reproduksi, sayap, abdomen dan embelannya/sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem pembuangan sisa metabolisme, sistem peredaran darah, sistem syaraf dan indera serta sistem otot.

Membahas kaitan antara struktur dan fungsi;  berbagai aktivitas pada tingkat organisme/organ dan sel;  homeostatis, hubungan dan koordinasi sistem dalam tubuh serangga dan lingkungan.

ENT    530      Taksonomi Serangga                        2 (1-1) 2
Membahas prinsip-prinsip klasifikasi dan metodologi klasifikasi serangga, yang mencakup pengertian spesis, spesis politipik, sistematika populasi tingkat infra spesifik, sejarah perkembangan klasifikasi dan taxa tinggi, koleksi serangga, identifikasi serangga dewasa sampai tingkat famili, prosedur klasifikasi, tatanama zoologi internasional dan publikasi

ENT    534      Parasitologi                                        2(1-1) 1
Pengenalan, daur hidup dan bioekologi parasit, patogenesis dan kelainan-kelainan yang diakibatkannya.  Penekanan diberikan pada parasit-parasit yang ditularkan oleh Artropoda.

ENT    540      Ekologi Serangga                              2 (1-1) 1
Membahas interaksi serangga dengan lingkungan biotik dan fisik baik sebagai individu, populasi maupun sebagai komponen dari komunitas dan ekosistem.  Sebagai pengantar akan dibahas juga prinsip-prinsip umum ekologi.

ENT    519      Ekologi Gulma          
Konsep pengelompokan dan karakteristik gulma, suksesi dan evolusi, reproduksi, perkecambahan dan penguasaan ruang, pertumbuhan dan derajat kompetisi alelopati, komunitas tanaman pertanian dan jenis-jenis gulma penting.

ENT    510      Analisis Statistika                              3 (2-1) 1
Model regresi sederhana, ganda dan polinominal, estimasi, pendugaan dan penafsiran stepwise dan metode inferensi, model non linier;  penelitian eksperimental aplikasi ekonomi analisis keragaman.

ENT    541      Entomologi Kesehatan                      2 (2-0) 3
Falsafah, strategi dan taktik dalam menghadapi masalah vektor dan serangga kesehatan lainnya.  Berbagai cara dan pendekatan pengendalian serangga dibahas secara kritis, terutama yang digunakan dalam dunia kesehatan dan veteriner.

ENT    542      Serangga Pradewasa                                    3 (2-1) 1
Pengenalan dan pembahasan anatomi, taksonomi dan bionomi serangga pradewasa menurut ordo dan famili, dengan penekanan pada spesis-spesis yang berperanan di ekosistem pertanian, hubungan antar analisa / penggunaan kunci identifikasi sampai tingkat ordo dan famili, koleksi serangga pradewasa.

ENT    543      Entomologi Forensik                         2 (2-0) 3
Pengertian forenstik, dasar-dasar hukum forenstik, biologi dan ekologi serangga-serangga forensik

AGR   570      Metodologi Penelitian                       3 (2-1) 2
Kuliah dititik beratkan pada penekanan kegunaan penelitian, penggunaan logika dan fasilitas mental lainnya, metode pengamatan, hambatan-hambatan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan pembuatan keputusan dalam perencanaan.  Disamping itu, diberikan pula penyusunan usulan penelitian dan penulisan ilmiah dalam rangka komunikasi.

ENT    545      Ekologi Penyakit Tanaman              2(2-0) 1
Membahas konsep dasar yang menyakngkut sifat, penyebab, dan perkembangan berbagai patogen penyebab penyakit tanaman (cendawan, bakteri, nematoda, virus); faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi perkembangan dan penyebaran penyakit tanaman serta prinsip-prinsip pengendalian penyakit tanaman.

ENT    547      Pengelolaan Sumberdaya Alam &
Lingkungan                                       2 (2-0) 1
Dasar-dasar pengelolaan sumber alam dan lingkungan (hidup) menurut asas-asas ekologi dan pendekatan ekosistem.  Dibahas pula metodologi dalam inventarisasi sumber, perencanaannya.  Garis-garis mata kuliah adalah:  pendahuluan (batasan, ruang lingkup), pendekatan ekosistem, survei reintegrasi, analisis sistem, contoh penerapan dan tinjauan umum.

ENT    548      Kesehatan Lingkungan                    2(2-0) 1
Prinsip-prinsip dasar tentang hubungan timbal balik antar faktor-faktor lingkungan baik fisik, biologis maupun sosial yang menimbulkan masalah-masalah kesehatan pada ternak dan manusia.

ENT    549      Epidemiologi                                      2 (1-1) 1
Membahas perkembangan penyakit dalam populasi tanaman, faktor-faktor yang mempengaruhinya, potensi inokulum, silus penyakit dan berbagai cara penyebarannya, Analisis model dan peramalan epidemik penyakit; penentuan berat/ringan dan kerugian karena penyakit serta strategi penaggulangan penyakit tumbuhan berdasarkan analisis epidemik.

ENT    560      Pengendalian Biologi                        2 (1-1) 1
Konsep pengendalian hayati, inokulasi, perbanyakan massal dan pelepasan, konservasi dan motivasi dalam pengendalian hayati.
           
ENT    570      Patologi Serangga                             2 (1-1) 3
Dasar-dasar mikrobiologi, hubungan jasad renik penyebab penyakit dalam kehidupan serangga, peranan penyakit dalam pengendalian populasi serangga hama, insektisida hayati dan pemanfaatannya dalam pengelolaan hama.

ENT    640      Toksikologi Insektisida                     3 (2-1) 3
Konsep proses kimia-fisika dan proses senyawa toksik dalam sistem biokimia.  Mekanisme penghambatan anticholine esterase, ketahanan serangga terhadap insektisida, sinergisme dan toksistas efektif.

ENT    641      Pestisida                                             2 (1-1) 1
Ruang lingkup pestisida dan pemanfataannya, evaluasi toksisitas pestisida, mode of action pestcide, metabolisme pestisida, analisis residu, dan pestisida dalam lingkungan.

ENT    646      Pengelolaan Gulma                           2 (1-1) 1
Membahas falsafah, konsep, dan strategi pengelolaan gulma, mengkaji komponen dan peranan pengelolaan gulma dalam lingkungan dengan proses ekosistem.

ENT    646      Biologi dan Ekologi Vektor Penyakit
Tanaman & Hewan                          2 (1-1) 2
Mempelajari tentang sejarah hidup, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan vektor.

ENT    650      Entomologi Ekonomi                        2 (1-1) 3
Analisis ekonomi sebagai alat pengambilan keputusan pengendalian hama terpadu (PHT), asas ekonomi pengendalian hama dan cara perhitungannya, metode penetapan kehilangan  hasil, asas marginalitas dalam pengendalian hama dan penerapannya, analisis resiko dan teori keputusan pengendalian hama, model perilaku petani dalam pengendalian hama, analisis dampak makro PHT.

ENT    659      Pengelolaan Penyakit Tanaman
dan Hewan                                         2 (1-1) 3
Mempelajari prinsip epidemiologi, etiologi penyakit, epizootiologi, simptomatologi, patologi, diagnosa, prognosa, terapi, psophylaxis, penanggulangan penyakit serta jenis penyakit penting di dunia pada hewan.

ENT    670      Serangga Entomofagus                    2 (1-1) 3
Mempelajari berbagai jenis serangga pemakan serangga lainnya;  taksonomi, morfologi, biologi dan ekologi serangga-serangga pemakan.

ENT    671      Serangga Air                                     2 (1-1) 1
Pengenalan ordo dan famili serangga perairan, membahas tentang biologi, ekologi, dan peranannya dalam ekosistem perairan.

ENT    673      Apikultur                                           2 (1-1) 3
Biologi lebah, pengelolaan musiman, prosesing, panen madu dolen dan lebah, penyakit lebah dan pengendaliannya

ENT    677      Konservasi Serangga                        2 (1-1) 3
Dasar-dasar konservasi, habitat, tanaman inang, identifikasi, sejarah hidup dan teknik-teknik konservasi

ENT    678      Serangga Bermanfaat                       2 (1-1) 3
Peranan serangga dalam kehidupan manusia, daur hidup dan teknik-teknik pemeliharaannya.

ENT    680      Strategi Pengelolaan Hama              2 (1-1) 1
Pengenalan dan penyelidikan berbagai alternatif strategi pengendalian hama, uraian tentang masalah-masalah dalam penerapan pengendalian hama terpadu dan berbagai kemungkinan penyelesaian masalah-masalah tersebut untuk mendapatkan alternatif strategi pengendalian hama yang sesuai untuk kondisi daerah tropis.

ENT    681      Pengelolaan Serangga Vektor Penyakit
pada Manusia & Hewan                   2 (1-1) 3
Membahas tentang pengertian serangga vektor penyakit pada hewan, jenis-jenis habitat, siklus hidup, cara pengendalian serta penanggulangan.

ENT    682      Pengelolaan Hama Tanaman Setahun
& Tahunan                                        3 (2-1) 3
Membahasa falsafah, konsep dan strategi PHT, meliputi penelaahan prinsip-prinsip ekologi yang mendasari pengelolaan hama, khususnya hama tanaman setahun dan tahunan, mengkaji komponen dan proses ekosistem dalam kaitan dengan pengambilan keputusan pengendalian dengan menggunakan berbagai cara pendekatan.

ENT    683      Pengelolaan Serangga Vektor Penyakit
Pada Tanaman                                  2 (1-1) 3
Mempelajari prinsip-prinsip pengelolaan serangga khusus vektor penyakit, mengkaji komponen dan elemen dasar pengelolaan dan membahas cara pengendalian serta penanggulangannya.

ENT    684      Hubungan Serangga dan
Penyakit Tumbuhan                         2 (2-0) 2
Interaksi serangga dan penularan patogen, klasifikasi fenomena penularan patogen, penyakit jamur yang disebabkan oleh serangga dan hubungan virus mikoplasma dan bakteri dengan serangga.

ENT    690      Seminar          Staf Dosen Unsrat

ENT    699      Penelitian/Tesis          Staf Dosen/Tim Pembimbing

STAF  PENGAJAR

Prof. Dr. Ir. Jantje Pelealu, MS
Prof. Dr Ir. J. Warouw
Prof. Dr Ir D.T. Sembel, B.Agr.Sc
Prof. Dr  Ir S. J. Rondonuwu - Lumanauw
Prof. Dr Ir J. Polii-Mandang, MS
Prof. Dr. Ir. Redsway T.D. Maramis, MS
Prof. Dr Ir Dicky I. Th. Walalangi, MS
Prof. Dr Ir R.E.P. Mangindaan, MSc
Prof. Dr Ir Lucia Mandey, MS
Prof. Ir M. Karouw, SU
Prof. Dr Ir M. Tulung, MS
Prof. Dr Ir B. Polii,MS
Prof. Dr J. Lolombulan, MS
Dr Ir L. Taulu, MS
Dr. Ir. M.L.H. Hosang, MS
Dr. Sri Adiani
Prof. Dr Ir J. Pongoh, MS
Prof. Dr Ir J. Rantung, MS
Prof. Dr Ir R.M. Rompas, M.Agr
Prof. Dr. Irene Umboh
Prof. Dr. Sakidja
Prof. Dr. dr. Jimmy Posangi, MSc
dr. Vanetia Danes, MSc.PhD
Prof. dr. J.W. Siagian, Sp.MA
Prof. dr. B. Moningka, DAF.SPFK
Prof. dr. J.M. Umboh, MS
Prof. Dr Ir D. Mokoagouw, MS
Prof. Dr. Ir. J. Kekenusa, MS
Dr Ir Carolus P. Paruntu, MSc
Dr Ir Samuel D. Runtunuwu, MS
Dr Ir Desy M.H. Mantiri, DEA
Dr Ir Julius Pontoh
Dr. Endang Pudjiastuti
Dr. Ir. Odi R. Pinontoan, MS
Dr. Ir. J. Motulo, MS
Dr. R. Koneri, MSi

BIAYA PENDIDIKAN­

Pendaftaran seleksi
Rp.         250.000,-
Biaya Alih Tahun
Rp.         700.000,-
SPP / semester (Kelas Pagi)
Rp.      3.500.000,-
SPP / semester (Kelas Sore)
Rp.      6.000.000,-
Pendaftaran Semester
Rp.         100.000,-
Tuition Fee / SKS (S2 dan S3)
Rp          100.000,-
Dana Pengembangan/Sem (Sore)
Rp.      1.200.000,-
Dana Pembangunan (Kelas Pagi)
Rp.      2.500.000,-
Dana Pembangunan (Kelas Sore)
Rp.      5.000.000,-


BEASISWA
Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPs) Dikti diperuntukkan bagi staf pengajar tetap Perguruan Tinggi Negeri maupu Swasta yang berstatus Pegawai Negeri (memiliki NIP) dan dosen tetap yayasan (Memiliki NIDN).  Beasiswa ini meliputi biaya hidup dan bantuan biaya buku serta biaya penelitian.  Alokasi penerima beasiswa ini sangat terbatas.  Adapun prosedur pengusulan calon penerima BPPS sbb: Januari-Maret (memasukkan berkas); April-Mei (Proses seleksi); Mei-Juni (Pengusulan calon ke Dirjen Dikti); Juni-Agustus (Penetapan penerima BPPs).

SYARAT PENERIMAAN

Pelamar Program Pendidikan Magister harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
(a). Persyaratan Akademik :
Memiliki ijazah sarjana negeri atau sederajat dengan IPK minimal 2,75
Pemegang ijazah sarjana dari bidang ilmu yang sesuai atau berkaitan dengan program studi yang akan diikuti
Memiliki kemahiran berbahasa Inggris.  Nilai TOEFL Minimal 450
Lulus seleksi masuk yang dilaksanakan oleh PPs Unsrat.
(b). Persyaratan Administrasi :
Lamaran peserta didik diajukan secara tertuslis dengan mengisi formulir yang tersedia (rangkap 3) dan dikirimkan/dialamatkan ke PPs Unsrat.
Surat rekomendasi dari dosen/mantan dosen/atasan yang dapat merupakan referensi.

PENDAFTARAN

  1. Mengisi dan menyerahkan/mengirimkan formulir pen-daftaran yang dilampiri (masing-masing rangkap 3) :
·         Salinan Ijazah dan transkrip akademik yang dilegalisir
·         Surat Keterangan sehat dari dokter
·         Riwayat Hidup (“curriculum vitae”)
·         Jika dalam status bekerja harus memperoleh ijin tertulis dari instansi tempat bekerja
·         Surat Keterangan berkelakuan baik dari POLRI
·         Surat Keterangan jaminan pembayaran studi
·         Pas foto hitam putih 3 x 4 cm (6 lembar)
·         Menyerahkan bukti pembayaran biaya administrasi dari Bank BNI atas nama Rektor Unsrat
  1. Waktu pendaftaran dimulai pada Januari hingga Mei setiap tahun ajaran.
  2. Pendaftaran dapat dilakukan melalui faxcimail atau e-mail ke alamat PPs Unsrat Manado dengan ketentuan bahwa formulir pendaftaran dan lampirannya disampaikan kemudian.
  3. Pendaftaran ditujukan kepada Direktur Program Pascasarjana Unsrat dengan alamat :
Program Pascasarjana UNSRAT Manado
Jalan Kampus UNSRAT Bahu Manado 95115
Fax. (0431) 821212
  1. Seleksi masuk diadakan pada bulan Januari sampai Juni dan pelaksanaan alih tahun pada bulan Agustus.  Kuliah dimulai pada 1 September.

Loading...
 
Terimakasih Telah Mengunjungi PPs UNSRAT Manado Semoga Informasi Yang Disajikan Dapat Membantu / Mohon Maaf Web Dalam Proses Perbaikan.....Thank's...

PPS UNSRAT MANADO 10 03 1985 Admin Stenly Eriando Jacobis is Designed by 401T