KABAR GEMBIRA PASCASARJANA UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO TELAH MEMBUKA PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013 UNTUK PROGRAM MAGISTER DAN DOCTORAL

Minggu, 27 November 2011

Program Studi PSP



Pengembangan Sumberdaya Pembangunan

Akreditasi       B
Perkiraan Jumlah SKS : 36

Alamat            : Kampus Unsrat, Kleak. Manado
Telepon           : 0431863786
Email               : sisteminformasim@gmail.com 
Website           : www.unsrat.ac.id   
  PPs Unsrat Twitter
  PPS UNSRAT MANADO Facebook

Mulai Beroperasi         : 1992-10-10
Nomor SK DIKTI      : 112/DIKTI/KEP/2007

PIMPINAN

Ketua Prodi                 : Prof. Dr.John Hein Goni
Sekretaris Prodi           : Drs. Johny Lumolos, MSi 


PENDAHULUAN
           
Permasalahan yang dihadapi oleh banyak negara (terutama negara-negara yang sedang berkembang) dalam proses pembangunannya ialah berkaitan dengan faktor-faktor efisiensi, efektivitas, dan produktivitas yang sangat mempengaruhi pencapaian tujuannya.

Program Studi Pengembangan Sumberdaya Pembangunan disamping memberikan kemampuan dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi, juga memberikan kemampuan aplikasi dan kordinasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait. Perkuliahan di Program Studi Pengembangan Sumberdaya Pembangunan  diselenggarakan pada waktu pagi dan sore.  Bila ada peminat maka kuliah semester III dilaksanakan secara intensif.

Program studi PSP juga mempersiapkan peserta didiknya untuk dapat mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yakni Program Doktor.

Program studi PSP dibentuk berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud No. 427/DIKTI/Kep./1993, tanggal 28 Mei 1993.

V I S I
Program studi Pengembangan Sumberdaya Pembangunan (PSP) sebagai pusat pengembangan sumberdaya manusia (SDM) ilmuan dan pengelola pembangunan yang memiliki harkat dan martabat yang baik serta integritas yang tinggi dalam memanusiakan manusia lainnya.

M I S I
Menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan kurikulum yang terkait dengan kebutuhan manajemen sumberdaya, administrasi pembangunan,  manajemen perusahaan dan Manajemen Administrasi Publik, serta Urban Manajemen terutama teori-teori dan aplikasi di bidang manajemen, administrasi, sosiologi, ekonomi pembangunan, politik dan administrasi publik yang luas.

Meningkatkan pembimbingan akademik dan pembimbingan non akademik kepada mahasiswa.

Menyelenggarakan secara berkala penelitian, seminar dan pengabdian masyarakat dalam upaya mengembangkan kajian pengelolaan sumberdaya pembangunan.

TUJUAN
Mendidik tenaga berkualitas S2 dengan memiliki wawasan dan pengetahuan Manajemen, politik, ekonomi dan administrasi publik yang luas, mampu memahami masalah-masalah yang kompleks, dan mampu menemukan cara menerapkan perangkat analisis dan konseptual secara profesional untuk mengkaji masalah-masalah pembangunan.  Juga diharapkan mampu melaksanakan penelitian dan pengembangan baik secara mandiri atau kerjasama dalam hidup manajemen dan kebijakan publik dan mampu menanggapi dan menyesuaikan secara profesional terhadap perubahan dan dinamika yang cepat dari lingkungan dan praktik Penembangan Sumberdaya Pembangunan.

SILABUS MATA KULIAH

PSP     501      Teori Sosiologi                                   3 SKS
Membahas teori-teori sosial yang dikemukakan para tokoh besar dalam teori sosial dan relevansinya dengan fenomena sosial politik dan pembangunan.

PSP     505      Ekologi Manusia                               2 SKS
Ekologi manusia sebagai resultante dari empat komponen; lingkungan, penduduk, organisasi ekologi (aktivitas penduduk), perubahan dan perkembangan (tehnologi), yang meliputi Organisme dan lingkungan, keterkaitan hidup, habitat dan penduduk, pertumbuhan penduduk, komposisi penduduk, keseimbangan penduduk, deferensiasi dan organisasi, struktur masyarakat, aspek ruang dan waktu dari kegiatan masyarakat, mobilitas dan perubahan, ekspansi organisasi interregional, Ekspansi pertumbuhan wilayah perkotaan, ekspansi masyakarat lokal.

PSP     507      Psikologi Sosial                                  2 SKS
Membahas faktor-faktor psikologi sosial seperti motif dan sikap manusia, interaksi, dan kelompok-kelompok sosial serta pengaruh masyarakat terhadap perkembangan sosial

PSP     510      Teori Politik                                       2 SKS
Membahas teori-teori pembangunan dunia ketiga dari sudut pandang ekonomi politik, bentuk-bentuk rezim politik, peranan negara otonom dalam pembangunan ekonomi dan efektivitas pemerintahan serta demokrasi politik.

PSP     525      Pengembangan Sumberdaya
Pembangunan                                   3 SKS
Pengertian sumberdaya pembangunan, unsur sumberdaya dan lingkungan hidup, pengelolaannya yang meliputi perencanaan, kegiatan eksploitasi, preservasi dan konservasi sumberdaya, pemodelan dalam pembangunan sumberdaya.

PSP     529      Sosiologi Pedesaan                            3 SKS
Membahas masalah-masalah pembangunan dengan yang sedang berkembang dengan pokok bahasan : masalah hambatan struktur sosial, masalah kemiskinan, masalah hubungan antar masyarakat pedesaan dengan masyarakat perkotaan.

PSP     530      Teori Administrasi Negara               3 SKS
Mata kuliah ini membahas definisi, ruang lingkup dan konsep serta paradigma-paradigma administrasi negara, seperti perkembangan teori administrasi klasik hingga kontemporer. Di samping itu membahas pula masalah birokrasi, sejak dari birokrasi klasik Weber sampai dengan birokrasi modern. Mata kuliah ini diperlukan agar mahasiswa dapat mendalami dengan mudah studi administrasi pembangunan.

PSP     532      Teori dan Paradigma Pembangunan          3 SKS
Materi mata kuliah ini meliputi konsep-konsep, teori, paradigma-paradigma pembangunan, mulai dari paradigma pertumbuhan hingga paradigma pembangunan yang berkelanjutan atau paradigma pembangunan yang berpusat pada manusia (human centered development). Khusus pembangunan ekonomi, bagaimana aplikasinya di Indonesia, seperti tercermin dalam trilogi pembangunan. Di samping paradigma pembangunan ekonomi, dibahas pula paradigma pembangunan politik dan pembangunan administrasi.

PSP     537      Manajemen Sumberdaya Manusia             3 SKS
Mata kuliah ini membahas dasar-dasar pengetahuan tentang pengelolahan sumberdaya manusia secara efisien dan efektif. Sumberdaya manusia  sebagai penunjang utama dalam pencapaian tujuan organisasi, baik organisasi publik/pemerintah, maupun organisasi swasta. Topik-topik yang dibahas : Cara-cara merencanakan sumberdaya manusia, job analysis, rekrutmen, merit system, pengembangan pegawai termasuk teknik-teknik training.

PSP     538      Hukum Administrasi Negara           2 SKS
Membahas konsep hukum yang berkenaan dengan administrasi negara, pendekatan hukum positif dalam negara dan administrasi negara Republik Indonesia. Juga membahas efek hukum bagi penyelenggara negara dan aparatur pemerintah yang terwujud dalam Pengadilan Tata Usaha Negara/Pengadilan Administrasi Negara dan kaidah-kaidah hukum lainnya yang berhubungan dengan penyelenggaraan negara.

PSP     527      Pengembangan Masyarakat                        2 SKS
Membahas upaya-upaya peningkatan taraf hidup masyarakat melalui partisipasi aktif dan berdasarkan inisiatif masyarakat, juga dibahas peranan pemerintah dan non pemerintah.

PSP     541      Analisis Perubahan Sosial                3 SKS
Konsep masyarakat, struktur masyarakat sistem sosial, dinamika masyarakat, teori perubahan sosial dan kevbudayaan serta analisis dampak sosial dari pembangunan.

PSP     546     Statistika Ilmu Sosial             3 SKS
Pengertian statistika deskriptif  dan inferens, statistika dalam ilmu sosial, data dan sumber data statistika, deksripsi data, ukuran sentral dan penyebaran, probabilistik dan distribusi normal, estimasi dan uji hipotesis, inferensi sampel dan beda populasi, Uji Chi-Square, regresi linear dan multipel, korelasi. (semua topik dicontohkan dengan data dalam bidang sosial)

PSP     550      Monitoring dan Evaluasi Pembangunan    2 SKS
Pengertian dan cara monitoring dan evaluasi : penyusunan  anggaran, penyusunan proposal, cara-cara mendapatkan informasi; perspektif manajemen; monitoring dan sistem informasi; monitoring kemajuan fisik dan keuangan; monitoring melalui hubungan dengan pemanfaat; studi diagnostik untuk monitoring; penyampaian informasi; evaluasi fokus dan jenis substantif; ukuran peningkatan produk: Metode dan keterbatasan; studi kasus  penolakan hipotesis dan menilai perubahan-perubahan; topik khusus dalam evaluasi dampak (disertai dengan contoh-contoh monitoring dan evaluasi).

PSP     553      Perencanaan Pembangunan Regional        2 SKS
Menyajikan teknik-teknik perencanaan secara umum dan kemudian dikaitkan dengan kebutuhan level regional. Teknik-teknik perencanaan ini pada dasarnya merupakan proses perencanaan yang biasa berlaku yang mencakup pengumpulan data, analisis data, pembuatan model serta peramalan dalam perencanaan penyajian data, teknik-teknik appraisal. Termasuk bahasan teori pertumbuhan regional.

PSP     560      Kebijakan Perkotaan dan Daerah              2 SKS
Mata kuliah ini membahas tentang teori-teori manajemen perkotaan dan daerah serta permasalahan yang terjadi sebagai akibat pembangunan perkotaan dan daerah.  Mahasiswa diperkenalkan dengan instrumen kebijakan perkotaan.

PSP     580      Kebijakan Publik                              2 SKS
Membahas tentang ruang lingkup kebijakan publik dan berbagai argumentasi dasar yang menuntut kehadiran kebijakan publik tersebut.  Juga membahas berbagai paradigma kebijakan publik dan berbagai kasus kebijakan pembangunan di Indonesia.

PSP     601      Sosiologi Pembangunan                    `3 SKS
Introduksi pembangunan nasional di negara sedang berkembang, perspektif klasik pembangunan, perspektif modernisasi pembangunan, ketergantungan dan imperialisme, teori sistem (kapitalis) dunia, kritik terhadap ketergantungan dan imperialisme, kritik tentang teori sistem dunia, bantuan, perdagangan bebas dan sosialisme, international cartel, forum global.

PSP     606      Administrasi Pembangunan             2 SKS
Mata kuliah ini membahas konsep, pendekatan dan metode-metode serta definisi dan ruang lingkup administrasi pembangunan. Kaitan antara administrasi negara dengan pembangunan, tepatnya administrasi negara lebih ditujukan untuk mendukung proses pembangunan. Topik-topiknya mencakup: kaitan antara administrasi pembangunan dengan perencanaan pembangunan, administrasi mobilisasi dana pembangunan, pembiayaan pembangunan, manajemen program dan proyek pembangunan, sistem pengawasan, monitoring dan evaluasi pembangunan. Pembangunan administrasi negara dan penyempurnaan administrasi bagi penyelenggaraan proses pembangunan.

PSP     615      Manajemen Pembangunan              3 SKS
Membahas tentang peranan negara dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan dengan mempelajari konsep negara dan kewenangan birokrasi dalam pengadministrasian program dan proyek pembangunan.  Topik-topik mencakup:  negara, administrasi negara dan administrasi pembangunan;  konsep sistem organisasi dan manajemen, pengorganisasian dan pilihan desain organisasi, struktur sentralisasi, desentralisasi dan otonomi daerah; sistem perencanaan, penyusunan program dan penganggaran;  sistem pelaksanaan pembangunan;  peran serta masyarakat dalam pembangunan;  sistem informasi, komunikasi dan salesmanship; sistem pengendalian dan pengawasan pembangunan.

PSP     618      Manajemen Proyek                           2 SKS
Mata kuliah ini membahas strategi pengelolaan proyek  mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan monitoring dan evaluasi proyek. Topik bahasan meliputi:  Tahap perencanaan, penelitian dan pembuatan pola proyek (identifikasi dan formulasi proyek, analisis kelayakan dan penelitian proyek, pembuatan pola proyek), tahap pemilihan, persetujuan proyek dan kegiatan/tindakan, tahap pelaksanaan pengawasan, dan pengendalian dan penyerahan proyek serta tahap avaluasi dan penyempurnaan.

PSP     619      Hukum Lingkungan                         2 SKS
Membahas konsep hukum tata lingkungan, implikasi Undang-Undang Nomor 4 tahun 1982, pendekatan hukum positif, dan pengelolahan lingkungan di beberapa negara dalam memenuhi kebutuhan pembangunan.

PSP     620      Ekonomi Politik Pembangunan       2 SKS
Membahas tentang konsep-konsep kebijakan ekonomi dalam pembangunan yang meliputi: kebijaksanaan fiskal, moneter, perdagangan luar negeri;  aspek perundang-undangan dan peraturan-peraturan pemerintah yang berdampak pada pembangunan ekonomi dan sosial; pengaruh-pengaruh perubahan politik, ekonomi dan sosial  global.

PSP     625      Pembangunan Kelembagaan           2 SKS
Mata kuliah ini membahas variabel-variabel kelembagaan dan variabel-variabel kaitan dalam pembangunan kelembagaan. Variabel kelembagaan seperti kepemimpinan, doktrin, program, sumberdaya-sumberdaya, struktur intern; sedangkan variabel kaitan seperti kaitannya yang memungkinkan kaitan fungsional, kaitan normatif dan kaitan tersebar merupakan suatu perspektif perubahan special yang direncanakan yang berkaitan dengan inovasi. Inovasi adalah misi dari pembangunan kelembagaan yang diharapkan dapat diterima dan melembaga dalam masyarakat.

PSP     627      Perilaku Organisasi                           3 SKS
Dalam mata kuliah ini diberikan pemahaman tentang konsep-konsep dan teori perilaku perorangan, perilaku kelompok dan perilaku organisasi, termasuk organisasi perusahaan. Topik-topik yang dibahas antara lain organiasi formal, organisasi informal, jenis-jenis organisasi, kepemimpinan, motivasi, komunikasi, iklim organisasi dan pengembangan organisasi.

PSP     633      Metodologi Penelitian Sosial             3 SKS
Mata kuliah ini membahas metode penelitian yang meliputi permasalahan penelitian, konsep dan kerangka teoritik, hipotesis, variabel dan definisi operasional, populasi dan sampel, instrumen atau alat ukur penelitian, analisis data (teknik statistik) dan penulisan laporan hasil penelitian.

PSP     637      Pengembangan Sumberdaya Manusia       2 SKS
Pengertian sumberdaya manusia, peta sumberdaya manusia dunia, model sumberdaya manusia Indonesia, dasar-dasar pengembangan sumberdaya manusia, proses dan pengelolahan belajar, pengelolaan belajar di perusahaan, pengembangan ahli sumberdaya manusia, perangcangan program latihan efektif, pengembangan sumberdaya manusia dan upaya pemeliharaan stabilitas nasional, analisis SWOT sumberdaya manusia negara-negara sedang berkembang, perencanaan pengembangan sumberdaya manusia berorientasi tujuan (ZOPP).

PSP     640      Analisis Kebijaksanaan dan Pembangunan 2 SKS
Membahas tentang ruang lingkup dan unsur-unsur dalam analisis kebijaksanaan administrasi negara dan pembangunan dan penerapannya.  Topik-topiknya adalah: perkembangan studi kebijaksanaan;  teori, masalah dan kebijaksanaan administrasi pembangunan;  analisis kebijaksanaan; sistem pengambilan keputusan mengenai kebijaksanaan dan penerapannya di Indonesia.

PSP     635      Masalah Pembangunan
Negara Sedang Berkembang               2 SKS
Membahas paradigma yang digubnakan masalah internal dan eksternal.  Membahas juga kasus pembangunan di berbagai negara sedang berkembang.

MPS    503      Metode Kuantitatif untuk Manajemen       3 SKS
Memberikan kemampuan kepada mahasiswa keahlian analisis kuantitatif dalam proses pengambilan keputusan bisnis.  Alat-alat analisis kuantitatif yang digunakan, yakni matematika, statistika dan metode ekonomimetri.  Pembahasan praktek-praktek bisnis.

MPS    501      Sistem Informasi Manajemen                      3 SKS
Membahsa masalah manajemen mengenai informasi manajemen, alternatif teknologi informasi, pemilihan dan desain SIM, serta akibat pemilihan teknologi informasi terhadap strategi perusahaan.

MPS    504      Statistika untuk Bisnis                                  2 SKS
Membahas topik-topik yang meliputi distribusi probalilitas, estimasi statistikal, uji hipotesis, analisis regresi, analisis runtut waktu, dan elemen-elemen teori keputusan.  Untuk itu digunakan perangkat lunak program aplikasi statistik.

MPS    506      Kepemimpinan Dalam Organisasi               2 SKS
Membahas konsep dan teori kepemimpinan, perilaku, motivasi dan keahlian diperlukan bagi seorang pemimpin sehingga efektif, efisien, dan proaktif.  Topik-topik bagaimana seorang pemimpin menguasai keahlian personal, keahlian interpersonal dan keahlian komunikasi, diperlukan dalam praktek kepemimpinan organisasi.

MPS    505      Manajemen Perubahan                                2 SKS
Membahas pengaruh struktur dan proses organisasi terhadap efektivitas pencapaian tujuan organisasi.  Analisis faktor teknis, faktor SDM, dan faktor lingkungan dilakukan melalui pendekatan integratif untuk mengkaji masalah desain organisasi dan perubahan organisasi.

PSP     539      Pembiayaan Pembangunan                         3 SKS
Kuliah ini membahas tentang dasar pemikiran, batasan dan ruang lingkup, paradigma, dan proses pembiayaan pembangunan di negara-negara maju dan sedang berkembang khususnya di Indonesia.

PSP     555      Institusi Sosial dan Pembangunan               2 SKS
Membahas masalah struktur dan dinamika institusi sosial dalam proses perencanaan dan implementasi pembangunan di dunia ketiga.  Institusi sosial tersebut disamping berperan mengakomodasi kepentingan dan kebutuhan masyarakat, juga berfungsi menterjemahkan kebijaksanaan pembangunan.

MPS    640      Manajemen Strategis                                    3 SKS 
Memberikan pengetahuan tentang pentingnya berpikir strategis dalam menumbuh kembangkan organisasi publik.  Untuk itu, analisis SWOT diperlukan untuk menganalisis faktor eksternal dan internal.  Juga untuk mengidentifikasikan isu strategis serta melakukan penyusunan strategi bagi pengembangan organisasi.

MPS    518      Manajemen Produksi                                   3 SKS
Membahas bagaimana perusahaan manufaktur dan jasa dapat mengefisienkan penggunaan berbagai sumberdaya untuk kepentingan penyediaan barang dan jasa.  Sebagai fokus pembahasan adalah pengembangan keahlian manajerial untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah produksi perusahaan.

MPS    516      Manajemen Pemasaran                                3 SKS
Mata kuliah ini membahas konsep dan prinsip dasar pemasaran baik untuk organisasi laba maupun mirlaba.

MPS    515      Perilaku Konsumen                                      3 SKS
Membahas konsep prilaku konsumen dan pengambilan keputusan
Menentukan pilihan terhadap produk dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

MPS    514      Metode Riset Bisnis                                       3 SKS
Memberikan pemahaman dalam penerapan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, disamping cara-cara analisis yang khusus dalam analisis bisnis.

MAP   501      Konsep dan Isu Pembangunan
Memaparkan makna dan menginterpretasikan konsep-konsep pembangunan.  Pembangunan menjadi ecological base bagi administrasi publik.  Pemahaman terhadap konsep pembangunan sangat membantu dalam pemahaman tentang Administrasi Pembangunan.

MAP   503      Ekonomi Politik Pembangunan
Memberikan pemahaman terhadap kebijakan pembangunan berdasar suatu pendekatan yang menggabungkan perspektif ekonomi dan politik dalam suatu kerangka berpikir yang utuh.  Artinya politik dan ekonomi tidak dapat dipisahkan dalam hubungannya dengan pembangunan.

MAP   504      Analisis dan Pengembangan Organisasi Publik
Memberikan pemahaman dan menganalisis organisasi publik, yaitu mengkaji pembentukan organisasi publik, bentuk strukturnya, pengembangan karir dan sistem reward, perilaku orangnya.

MAP   411      Statistika utk. Administrasi Publik
Memberikan pemahaman bagaimana menyajikan suatu data penelitian baik berdasarkan statistik deskriptif maupun statistik inferensial, sekalihus bagaimana menginterpretasikan data penelitian yang diolah berdasarkan statistik yang digunakan.

MAP   507      Analisis Kebijakan Publik
Memberikan pemahaman bagaimana proses, metode, dan teknik analisis kebijakan publik, untuk melengkapinya dilakukan juga pembahasan masalah kebijakan yang telah dipilih.

MAP   506      Pembiayaan Pembangunan
Membahas peranan pemerintah dalam pembangunan yang berhubungan antara lain dengan pengeluaran pembangunan, kebijaksanaan fiskal, struktur dan pertumbuhannya, kebijaksanaan struktur pajak, dan bagaimana sistem pengawasan pembangunan.

MAP   526      Otonomi dan Desentralisasi
Membahas peran-peran pemerintah pusat yang dapat di desentralisasikan ke daerah sehingga pemerintah pusat merespons berbagai kecenderungan global, juga lebih berkonsentrasi pada perumusan kebijakan makronasional.  Dengan otonomi dan desentralisasi merupakan upaya pemberdayaan daerah dalam merumuskan kebijaksanaannya dan mengatasi berbagai masalah domestiknya.

MAP   511      Ekonomi Kebijakan Publik
Memahami prinsip-prinsip ekonomi mikro dan makro dalam kebijakan publik.  Diharapkan dapat pula memahami masalah-masalah publik yang terjadi dari sudut pandang ekonomi.

MAP   515      Isu dan Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan
Memberi pengetahuan dan kemampuan untuk menganalisis isu kemiskinan, memahami pengukuan kemiskinan, identifikasi jenis-jenis kemiskinan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.  Bagaimana implikasi penanggulangan kemiskinan serta evaluasi program-program kemiskinan.


MAP   512      Proses dan Perumusan Kebijakan Publik
Memberikan pemahaman tentang proses perumusan kebijakan publik antara lain : nilai-nilai sosial yang hidup dalam masyarakat, stakeholder yang terlibat, serta bagaimana mengatasi kendala-kendala yang terjadi.  Dibahas pula model-model kebijakan publik, konflik nilai maupun kepentingan yang muncul, prinsip efisiensi dan efektivitas serta prinsip keadilan.

MAP   505      Metodologi Penelitian Administrasi
Membahas pendekatan kualifikasi dan kuantitatif yang kemudian diimplementasikan dalam pemecahan masalah yang terjadi dalam administrasi dan manajemen.  Misalnya bagaimana caranya meneliti terjadinya inefisiensi dalam proses administrasi.

MAP   531      Manajemen Sumberdaya Manusia
Membahas isu dan kebijakan sumberdaya manusia dalam proses manajemen sumberdaya manusia. Konsep-konsep manajemen sumberdaya manusia dikaitkan dengan implementasi kebijakan SDM dalam menanggulangi isu-isu yang terjadi.

MAP   513      Implementasi dan Evaluasi Kebijakan
Memberikan pengetahuan dan pemahaman bagaimana implementasi kebijakan tidak tercapai sasarannya untuk mengkajinya perlu evaluasi sehingga dapat diperoleh cara evaluasi yang tepat dan dapat dikemukakan solusinya.

MPS 690         Seminar Hasil Penelitian       1 (1-0) 4

MPS 699         Penelitian Tesis          6 (6-0) 4

TENAGA PENGAJAR

Prof. Dr. Ir. V.V. Rantung, MA
Prof. Dr. Ir. J.W.P.Mandagi, M.Sc
Prof. Dr. Ir. J. Warouw
Prof. Dr. F. Kerebungu, MS
Prof. Dr. Drs. P. Rumapea, MS
Prof. Dr. Drs. John Hein Goni
Dr.Willy Ferdinand Pesoth, MS
Dr. R.A.D Siwu, MA, Ph.D
Dr. Magdalena Wullur, SE, MM
Dr. M. G. Ruindungan, M.Pd
Dr. Drs. Handrie D. Pangemanan
Dr. Drs. H. Kawengian, MSi
Dr. Drs. H. Kawengian, MS
Dr. Drs. H. D. Pangemanan, MSi
Dr. Dra. Fietje Oley, MSi
Dr. Carolina D. B. Pakasi, SP, MSi
Drs. William Areros, MSi
Drs. M. R. Rembang, MSi
Drs. Jordan Goni, MS
Drs. Johny Lumolos, MSi 
Drs. Christoffel Koyo, MSi
Dra. Joice Rares, MSi
Dra. Femmy Tulusan, MSi
Drs. Novie Pioh, MSi
Lendy Siar, SH.,MH
Ir. O. Parajow, MS
Ir. Jenny Baroleh, MSI
Ir. Charles Ngangi, MS
Ir. Alfons Jusuf, MBA
  
SUB DAN BIDANG MINAT PRODI

Manajemen Sumberdaya Pembangunan
Pengembangan Sumberdaya Sosial
Manajemen Administrasi Publik
Urban Manajemen

SYARAT PENERIMAAN

Pelamar Program Pendidikan Magister harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
  1. Persyaratan Akademik :
a.    Memiliki ijazah sarjana negeri atau sederajat dengan IPK minimal 2,75
b.   Pemegang ijazah sarjana dari bidang ilmu yang sesuai atau berkaitan dengan program studi yang akan diikuti.
c.    Memiliki kemahiran berbahasa Inggris.
d.   Lulus seleksi masuk yang dilaksanakan oleh PPs Unsrat.

  1. Persyaratan Administrasi :
a.    Lamaran peserta didik diajukan secara tertulis dengan mengisi formulir yang tersedia (rangkap 3) dan dikirimkan/dialamatkan ke PPs Unsrat.
b.   Surat rekomendasi dari dosen/mantan dosen/ atasan yang dapat merupakan referensi.
  
BIAYA PENDIDIKAN
            
Pendaftaran seleksi
Rp.         250.000,-
Biaya Alih Tahun
Rp.         700.000,-
SPP / semester (Kelas Pagi)
Rp.      3.500.000,-
SPP / semester (Kelas Sore)
Rp.      6.000.000,-
Pendaftaran Semester
Rp          100.000,-
Tuition Fee per SKS (S2 dan S3)      
Rp.         100.000,-
Dana Pengembangan/Sem (Sore)
Rp.         700.000,-
Dana Pembangunan (Kelas Pagi)
Rp.      2.500.000,-
Dana Pembangunan (Kelas Sore/Malam)
Rp.      5.000.000,-

                       
BEASISWA
Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPs) Dikti diperuntukkan bagi staf pengajar tetap Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang berstatus Pegawai Negeri (memiliki NIP) dan pegawai swasta yang memiliki NIDN.  Beasiswa ini meliputi biaya hidup dan bantuan biaya buku serta biaya penelitian.  Alokasi penerima beasiswa ini sangat terbatas. Adapun prosedur pengusulan calon penerima BPPS melalui bpps on line dengan laman beasiswa.dikti.go.id/bpps, serta memasukkan berkas dari tgl. 1 April-31 Mei (pendaftaran on line); Verifikasi data minggu ke-3 Juni dan Penetapan BPPS dan Kontrak oleh Ditjen Dikti Juli-Agustus.
  
PENDAFTARAN

  1. Mengisi dan menyerahkan/mengirimkan formulir pendaftaran  yang  dilampiri  (masing-masing rangkap 3) :
a.       Salinan Ijazah dan transkrip akademik yang dilegalisir
b.      Surat Keterangan sehat dari dokter
c.       Riwayat Hidup (curriculum vitae)
d.      Jika dalam status bekerja harus memperoleh ijin tertulis dari instansi tempat bekerja
e.       Surat Keterangan berkelakuan baik dari POLRI
f.       Surat Keterangan jaminan pembayaran studi
g.      Pas foto hitam putih 3 x 4 cm (6 lembar)
h.      Menyerahkan bukti pembayaran biaya administrasi dari Bank BTN atas nama Rektor Unsrat

  1. Waktu pendaftaran dimulai pada Januari hingga Mei setiap tahun ajaran. 
  1. Pendaftaran dapat dilakukan melalui facsimile atau e-mail ke alamat PPs Unsrat Manado dengan ketentuan bahwa formulir pendaftaran dan lampirannya disampaikan kemudian. 
  1. Pendaftaran ditujukan kepada Direktur Program Pascasarjana Unsrat dengan alamat : Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi Jalan Kampus UNSRAT Bahu Manado 95115 Telpon (0431) 827441, 827240, 827193 Fax (0431) 821212 
Seleksi masuk diadakan pada bulan Juni dan pelaksanaan alih tahun pada bulan Agustus.  Kuliah dimulai pada 1 September.


 

Terimakasih Telah Mengunjungi PPs UNSRAT Manado Semoga Informasi Yang Disajikan Dapat Membantu / Mohon Maaf Web Dalam Proses Perbaikan.....Thank's...

PPS UNSRAT MANADO 10 03 1985 Admin Stenly Eriando Jacobis is Designed by 401T