KABAR GEMBIRA PASCASARJANA UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO TELAH MEMBUKA PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2012/2013 UNTUK PROGRAM MAGISTER DAN DOCTORAL

Sabtu, 24 Desember 2011

Program Studi IKM


PIMPINAN

Ketua              : dr. Joy. A.M. Rattu,MS.,PhD
Sekretaris        : Dr. dr. Grace D. Kandow, M. Kes

Beroperasi sejak tahun 1999

AKREDITASI

B


PENDAHULUAN

Perkembangan teknologi yang pesat disertai dengan globalisasi akan meningkatkan kompleksitas masalah kesehatan dalam masyarakat yang berdampak pada penanganannya.  Dengan demikian dibutuhkan tenaga kesehatan yang memiliki kemampuan manajemen dalam mengimplementasi-kan strategi proaktif dan antisipatif. Disamping itu, mereka perlu memiliki wawasan serta pengetahuan yang lebih luas dan daya analisis serta persepsi yang tajam dan terpadu.  Antisipasi terhadap situasi dan kondisi semacam ini telah mendorong Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi menyelenggarakan pendidikan magister dan senantiasa memutakhirkan kurikulum serta materi ajarannya.  Dengan demikian akan dihasilkan lulusan yang memiliki keunggulan akademis dan profesional yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan dan pelayanan kesehatan masyarakat.  Mereka juga mampu bersaing dalam pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan masyarakat, baik di sektor pemerintah maupun swasta, di tingkat nasional maupun internasional.

VISI
Menyiapkan sumberdaya manusia yang profesional dan berkualitas dalam bidang kesehatan masyarakat serta mampu bersaing dalam arena ilmu pengetahuan di abad 21.

MISI
Menghasilkan anggota masyarakat yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak tinggi, berbudaya Indonesia, bersemangat ilmiah, memiliki kemampuan akademik dan sanggup berkinerja baik di lingkungannya, mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengembangkan kemampuan diri terhadap tuntutan kemajuan di bidang kesehatan.

Menghasilkan peneliti, pemikir yang memiliki kemampuan memutahirkan pengetahuan dan kemampuan agar berdaya dalam menghimpun, mengalihkan, menafsirkan dan menerapkan ilmu pengetahuan bagi kepentingan kesejahteraan masyarakat.  Menyebarkan hasil penelitian di bidang Kesehatan terutama berkaitan dengan aspek kesehatan lingkungan.

TUJUAN
Umum : Mendidik dan menghasilkan warganegara berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian tinggi; memiliki kemampuan untuk meningkatkan pelayanan profesi dalam bidang kesehatan, mempersiapkan keluaran akademisi dan kemampuan agar berdaya dalam menghimpun, mengevaluasi, mengalihkan dan mampu menerapkan ilmu pengetahuan bagi kepentingan kesehatan masyarakat

Khusus : Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan peserta didik di bidang Kesehatan Lingkungan  sehingga mereka memiliki kemampuan ilmiah dalam : Penalaran, Perencanaan dan Pengembangan riset di bidang ini.

SILABUS MATA KULIAH

PPS     501      Metodologi Penelitian                       2(2-0)1
Pengertian penelitian ilmiah/riset, sistematik penelitian yang terdiri dari : identifikasi dan perumusan masalah, kajian teoritis sebagai dasar perumusan hipotesis, pengertian hipotesis, identifikasi, klasifikasi, dan operasionalisasi variabel, penyusunan rancangan penelitian, metoda sampling dan sampling size, instrumen penelitian dan peranan statistik dalam penelitian.

PPS     502      Statistika                                            2(2-0)1
Konsep data dan skala pengukuran, konsep populasi dan sampel, parameter dan statistik, distribusi sampling, teknik pengukuran nilai sentral dan variabilitas, teknik penyajian data, konsep uji hipotesis, galat, analisis data kategorial, peringkat, kuantitatif, teknik sampling dan penentuan besar sampel.

PPS     503      Filsafat Ilmu                                      1(1-0)1
Hakikat sejarah lahirnya ilmu pengetahuan modern, gambaran bangunan ilmu pengetahuan, pemahaman fungsi kritis dari filsafat ilmu, pengertian aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis dari ilmu pengetahuan, pengertian hakikat, proses dan struktur ilmu, serta nilai dasar dari ilmu.        

PPS     504      Komputer                                           2(2-0)1
Perangkat komputer; pengetikan naskah; mengedit naskah; mengoperasikan microsoft excell (memasukkan data, merancang jenis-jenis tampilan data); mengoperasikan microsoft power point (merancang tampilan naskah, mengedit backround); analisis statistika dengan komputer, searching artikel melalui internet..

KMA 501      Dasar  Administrasi 
Dan  Kebijakan Kesehatan              1(1-0)1
Pengertian dasar teori (administrasi, manajemen, dan organisasi); manajemen dan manajer; pendekatan sistem dan model; kepemimpinan dan pengambilan keputusan; kebutuhan di bidang kesehatan; perencanaan dan teknik perencanaan; nominal group; technique (NGT); analisis Network dan PERT; tujuan program; ekonomi kesehatan; Program Planning Budgenting System (PPBS); Cost Benefit Analysis (CBA) dan Cost Effectiveness Analysis (CEA).

KME   501      Epidemiologi Kesehatan                   1(1-0)1
Dasar-dasar epidemiologi; pengenalan epidemiologi klinik; ukuran frekuensi penyakit; penyajian dan interprestasi data rumah sakit; (diagnosis, prognosis, cross sectional cohort, case control, clinical trial); epidemiologi pelayanan kesehatan; critical appraisal

KMG 501      Gizi Dalam  Kesehatan Masyarakat 1(1-0)1
Pola distribusi masalah gizi secara geografik; pola masalah gizi  masyarakat menurut kondisi ekologi; ukuran-ukuran kerawanan gizi (morbiditas, mortalitas); ukuran-ukuran kerawanan gizi lain (kinerja fisik, perkembangan intelligence); sumber informasi yang data dimanfaatkan dalam pemecahan masalah gizi; sosio-budaya dan pola makan dalam masyarakat.

MKH 501      Hiperkes dan Keselamatan Kerja    1(1-0)1
Dasar-dasar kesehatan kerja; syarat kesehatan bagi tenaga kerja; sistim pelayanan kesehatan bagi tenaga kerja; penyakit-penyakit akibat kerja; usaha-usaha pencegahan dan keselamatan kerja; lingkungan kerja dan pencemarannya; peraturan & perundangan Hiperkes dan Keselamatan Kerja.

KMK 501      Kependudukan                                  1(1-0)1
Permasalahan kependudukan; Implikasi transisi demografis terhadap kesejahteraan; indikator kependudukan; indikator fertilitas; indikator mortalitas; indikator kualitas; indikator mobilitas; proyeksi penduduk.

KML   501      Kesehatan Lingkungan                    1(1-0)1
Pengertian dan lingkup kesehatan lingkungan; klasifikasi lingkungan mikro dan makro; prinsip analisis kesehatan lingkungan; pencemaran lingkungan; prinsip pemecahan masalah kesehatan lingkungan.

KMP   501      Sosio-Antropologi Kesehatan           1(1-0)1
Pengertian dan ruang lingkup sosiologi kesehatan dan antropologi kesehatan; sistem pelayanan kesehatan masyarakat; (peran, status, norma, dan sehat-sakit sebagai konsep sosio-budaya); proses pencarian pelayanan kesehatan; aspek sosio-budaya sistem medik majemuk; aspek sosio-budaya gizi dan makanan; peran sakit dan dampak pada interaksi dokter dan pasien.


MKA 502      Manajemen Organisasi Kesehatan  2(2-0)2
Pengertian dan ruang lingkup manajemen dan organisasi dalam sistem pelayanan kesehatan (struktur, proses, dan perilaku organisasi, perencanaan, perorganisasian, kepemimpinan, pengawasan dan pengendalian, evaluasi); teori dan kerja kelompok pemecahan masalah; konsep dan metode sistem informasi manajemen; sistem rujukan kesehatan di Indonesia; pengembangan organisasi dan manajemen; organisasi dan manajemen kesehatan di negara maju; manajemen era globalisasi.

MKA 503      Pelayanan Kesehatan Keluarga dan
Kesehatan Perkotaan                        1(1-0)2
Konsep dan lingkup sistem pelayanan kesehatan keluarga; pengertian struktur dan fungsi keluarga; permasalahan dan ciri kekhususan pelayanan kesehatan keluarga; konsep dan lingkup kajian sistem pelayanan kesehatan perkotaan dan metropolitan; permasalahan dan ciri masyarakat kota dan metropolitan; kebutuhan pelayanan kesehatan keluarga dan pelayanan kesehatan perkotaan.

KMA 504      Peraturan Perundang-Undangan
Kesehatan                                          1(1-0)2
Perkembangan Undang-Undang Kesehatan; implementasi U.U Kesehatan; peraturan di bidang kesehatan (pelayanan kesehatan umum, pelayanan rumah sakit, pelayanan apotik dan toko obat); kajian perbandingan berbagai UU dan Peraturan Kesehatan di berbagai negara dan Indonesia; etika profesi ahli kesehatan masyarakat.

MKA 505      Ilmu Ekonomi dan Ekonomi Kesehatan     2(2-0)2
Teori dasar ekonomi; teori dasar mikro dan makro; konsep dan kajian ekonomi kesehatan; industri pelayanan kesehatan; distribusi pelayanan kesehatan; sistem pembiayaan kesehatan; sistem asuransi kesehatan; teknik analisis ekonomi kesehatan (efisiensi, efektivitas, cost benefit analysis dan cost effectiveness analysis).

KMA 506      Metode Manajemen Kuantitatif                  2(2-0)2
Konsep dan fungsi metode kuantitatif dalam manajemen; teknik permodelan dalam manajemen; estimasi dan prediksi dalam manajemen; teori probabilitas dan pokok pengambilan keputusan; pengawasan dan pencatatan manajemen; teknik pengambilan keputusan; aplikasi metode kuantitatif dalam manajemen.

KMA 507      Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan        2(2-0)2
Teori dan metode perencanaan kesehatan; struktur dan langkah perencanaan kesehatan; kebutuhan dan tuntutan masalah kesehatan masyarakat; analisis sumber daya program kesehatan; konsep dan metode penyusunan skala prioritas; bentuk dan strategi perencanaan kesehatan; konsep dan metode penilaian (evaluasi) kesehatan; langkah dan strategi penilaian kesehatan; indikator keberhasilan; perencanaan anggaran (budgeting).

KMA 508      Seminar Kebijakan Kesehatan                    2(2-0)2
Konsep dan metode analisis kebijakan kesehatan; metode penyusunan kebijakan; perkembangan kebijakan di bidang kesehatan perspektif nasional; perkembangan kebijakan di bidang kesehatan perspektif internasional; kajian banding berbagai kebijakan dan peraturan kesehatan di berbagai negara; permasalahan yang berkaitan dengan kebijakan kesehatan.

KMA 509      Penelitian dan Statistika Manajemen          2(2-0)2
Konsep dan dasar-dasar penelitian manajemen; jenis dan ciri kekhususan penelitian manajemen; kajian permasalahan manajemen di bidang kesehatan; strategi penelitian bidang manajemen; penggunaan metode statistika dalam penelitian manajemen; instrumen dan alat ukur penelitian administrasi; analisis hasil; keterkaitan penelitian manajemen dengan kebijakan.

KMA  601      Manajemen Sumberdaya Manusia             2(2-0)3
Konsep dan teori manajemen SDM; manajemen SMD dan strategi; metode rekrutment dan seleksi; metode analisis pekerjaan; program pelatihan dan pengembangan SDM; sistem pengawasan dan pengendalian SDM; evaluasi SDM; issu penting yang berkaitan dalam keputusan (premi, transfer,demosi, dan pemutusan hubungan kerja (PHK).

KMA 602      Perkembangan Organisasi dan Sistem
Pelayanan Kesehatan di Beberapa Negara            2(2-0)3
Konsep domain masyarakat di beberapa negara; sistem organisasi pelayanan kesehatan di beberapa negara; sejarah perkembangan sistem pelayanan kesehatan; sistem pelayanan kesehatan di beberapa negara; kajian sistem organisasi dan sistem pelayanan kesehatan dalam perspektif sosiokultural dan politik masyarakat; pengaruh sistem organisasi dan sistem pelayanan kesehatan pada masyarakat dan petugas.

KMA 603      Administrasi Rumah Sakit                           2(2-0)3
Konsep organisasi rumah sakit (misi, visi, tujuan, karakteristik desain); struktur organisasi dan kelengkapan organisasi rumah sakit; konsep administrasi rumah sakit; indikator pelayanan dan kinerja rumah sakit; medical audit, gugus kendali mutu rumah sakit; medical record.

KMA 604      Riset Operasional dan Analisis Sistem        1(1-0)3
Dasar-dasar riset operasional dan analisis sistem; pengetrapan orsa dalam sistem pelayanan kesehatan; langkah-langkah pada riset operasional; identifikasi komponen dan unsur dalam pelayanan kesehatan; analisis sistem pada berbagai program kesehatan di Indonesia; latihan pengembangan riset operasional dan analisis sistem.

KMA 606      Seminar Masalah Kesehatan                        1(1-0)3
Konsep dan dasar-dasar penelitian dan statistik manajemen; jenis dan ciri kekhususan penelitian manajemen; kajian permasalahan manajemen di bidang kesehatan; industrialisasi dan kondisi kesehatan; globalisasi; transisi dan kondisi kesehatan; keterkaitan masalah kesehatan dan kebijakan kesehatan.

KMA 607      Sistem  Pembiayaan Kesehatan dan           
                        Manajemen Keuangan                                 2(2-0)3
Manajemen keuangan dan akuntasi; dasar & fungsi manajemen keuangan; dasar akuntansi; penganggaran; manajemen biaya; biaya & perilaku biaya; pengambilan keputusan investasi.

KMA 608      Sistem  Informasi Manajemen                     1(1-0)3
Konsep sistem informasi dan manajemen (SIM); kebutuhan data; informasi kesehatan dalam pengambilan keputusan; kebijakan perencanaan dan peramalan; jaringan sistem informasi kesehatan di Indonesia; sumber data (piranti pencatatan); proses data menjadi informasi dan jenis pelaporan (piranti pelaporan); sistem informasi manajemen dan komputer.

KMA 609      Penelitian dan Penulisan Tesis                     2(2-0)3
Citasi Indeks Medicine, Prosedur Penggunaan Informed Consent, Dasar Kode Etik Penelitian Kesehatan, Tata Bahasa Penulisan Tesis dan Artikel  Kedokteran/Kesehatan, Gaya Penulisan Kepustakaan.

STAF PENGAJAR

Prof. Dr. J.M.L. Umboh, MS
Prof. Dr Ir REP. Mangindaan, MSc
Prof. Dr. J. Posangi, MSc, PhD
Prof. Ir J.L. Panelewen, MSc
Prof. DR. Ir. B. Polii, MS
Prof. Ir. V.V. J. Palenewen, PhD
Prof. Dr. Muninjaya, MPH
Prof. DR. Hengky Rogi, MPd
Prof. Dr. N. Kapantow, SpGk.,MSc
Dr. Joy A.M. Rattu, MS, PhD.,AIFO
DR. Dr. Grace D. Kandou, M.Kes
Dr. Roy G.A. Massie, MPH.PhD
Dr. A. Antaria, MPH.,PhS
Dr. V. Danes, MSc,PhD
Dr.Liem Lie Ping,DTM&H,SpOK
DR. M. Sudiraatmadja,Pr
Dr. Ch. R. Tilaar, MSc
Dr. L. Andries,MS
Dr. J.N. Pangemanan,MS
Dr. J. Jacobs, MS
Dr. Th. Masinem,SU
Dr. F.O.Pelealu,MPH
Dr. J.A. Najoan,Mkes.,SpFK
Dr Joseph Tuda, MKes
Dr.P.M. Wowor,MKes
Dr. B.S. Lampus,Mkes,PKK
Dr.J. Mallo,SpF,SH
Dr. H. Loho, MKes
Dr. G.E.C. Korompis, MHSM
Dr. S. Kawengian, DAN, MSc
Dr. Joudy Gessal, SpRM
Dr. L. Sengkey, SpRM
Dr. Th. I. Mogi, SpRM
Dr. Paul A.M. Kawatu, MSc
Dr. Sanita Tapan, M.Kes
Drs. J.A. Rorong, MSi
Drs. H.D. Tangkuman, MSi
DR. Ir. H.D. Pangkey, MSc
Dr. Ir. Markus Lasut, MSc
Ir. Renny Tumbol, MSc.,PhD
Dr. F.L.F.G. Langi, M.MedSta
Dr. S.A.S. Sekeon, MPH
Dr. Gustaf E. Ratag, MPH
Dr. B.J. Kepel, MMed.Sc
Theo Lumenon, SH.,MS


BIAYA  PENDIDIKAN
Pendaftaran seleksi
Rp.        250.000,-
Biaya Alih Tahun
Rp.        700.000,-
SPP / semester (Kelas Pagi)
Rp.      3.500.000,-
SPP / semester (Kelas Sore)
Rp.      6.000.000,-
Pendaftaran Semester
Rp          100.000,-
Tuition Fee / SKS (S2 dan S3)
Rp.         100.000,-
Dana Pengembangan/Sem (Sore)
Rp.         700.000,-
Dana Pembangunan (Kelas Pagi)
Rp.      2.500.000,-
Dana Pembangunan (Kelas Sore)
Rp.      5.000.000,-


BEASISWA
Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPs) Dikti diperuntukkan bagi staf pengajar tetap Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang berstatus Pegawai Negeri (memiliki NIP).  Beasiswa ini meliputi biaya hidup dan bantuan biaya buku serta biaya penelitian.  Alokasi penerima beasiswa ini sangat terbatas. Adapun prosedur pengusulan calon penerima BPPS sbb: Januari-Maret (memasukkan berkas); April-Mei (Proses seleksi); Mei-Juni (Pengusulan calon ke Dirjen Dikti); Juni-Agustus (Penetapan penerima BPPs).

SYARAT PENERIMAAN

Pelamar dalam program pendidikan Magister harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
(a). Persyaratan Akademik :
·         Memiliki ijazah sarjana atau sederajatnya dengan IPK lebih besar 2,75.
·         Pemegang ijazah sarjana dari bidang ilmu yang sesuai atau berkaitan dengan program studi yang akan diikuti.
·         Memiliki kemahiran berbahasa Inggris (TOEFL 400).
·         Lulus seleksi masuk yang dilaksanakan oleh PPs Unsrat.
(b). Persyaratan Administrasi :
·         Lamaran peserta didik diajukan secara tertulis dengan mengisi formulir yang tersedia (rangkap 3) dan dikirimkan/dialamatkan ke PPs Unsrat.
·         Surat rekomendasi dosen/mantan dosen/ atasan yang dapat merupakan refenrensi.

PENDAFTARAN

  1. Mengisi dan menyerahkan/mengirimkan formulir pendaftaran yang dilampiri (masing-masing rangkap 3) :
·         Salinan Ijazah dan transkrip akademik yang dilegalisir
·         Surat Keterangan sehat dari dokter
·         Riwayat Hidup (curriculum vitae)
·         Jika dalam status bekerja, harus memperoleh ijin tertulis dari instansi tempat bekerja
·         Surat Keterangan berkelakuan baik
·         Surat Keterangan jaminan pembayaran studi
·         Pas foto hitam putih 3 x 4 cm (6 lembar)
·         Menyerahkan bukti pembayaran biaya administrasi dari Bank BTN atas nama Rektor Unsrat
  1. Waktu pendaftaran dimulai pada Januari hingga Mei setiap tahun ajaran.
  2. Pendaftaran dapat dilakukan melalui faxcimile atau e-mail ke alamat PPs Unsrat Manado dengan ketentuan bahwa formulir pendaftaran dan lampirannya disampaikan kemudian.
  3. Pendaftaran ditujukan kepada Direktur Program Pascasarjana Unsrat dengan alamat :
Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi
Jalan Kampus UNSRAT, Bahu Manado 95115
  1. Seleksi masuk diadakan pada bulan Juni, pelaksanaan alih tahun pada bulan Agustus.  Kuliah dimulai pada 1 September.

 

Terimakasih Telah Mengunjungi PPs UNSRAT Manado Semoga Informasi Yang Disajikan Dapat Membantu / Mohon Maaf Web Dalam Proses Perbaikan.....Thank's...

PPS UNSRAT MANADO 10 03 1985 Admin Stenly Eriando Jacobis is Designed by 401T