PENDAHULUAN
Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi telah menyelenggarakan pendidikan Magister sejak tahun 1985 bekerja sama dengan IPB, ITB, UGM, dan UNAIR serta beberapa universitas lainnya di Indonesia dan luar negeri. Sejak tahun 1990, pendidikan Magister telah dilaksanakan secara mandiri dengan suatu komitmen yang kuat terhadap mutu pendidikan. Upaya ini ditunjang oleh staf akademik yang berkisar 90 orang bergelar Dr-Ph.D dan sarana akademik, laboratorium, studio, kebun percobaan/unit eksperimen serta perpustakaan. Sampai tahun 2007 program ini telah meluluskan 1.278 Magister dari berbagai daerah, instansi pemerintah, perusahaan dan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Dalam upaya lebih meningkatkan mutu pendidikan yang berorientasi internasional maka PPs Unsrat telah menyelenggarakan program mitra pendidikan dengan Simon Fraser University (SFU) Canada, Universitas Groningen di negeri Belanda, Curtin University dan Murdoch University di Australia.
Tahun 2004 Program Pascasarjana Unsrat telah memperoleh ijin penyelenggaraan Program Pendidikan Doktor (S3) untuk Program Studi Linguistik dan Entomologi.
PROGRAM STUDI YANG DISELENGGARAKAN
Pendidikan Magister pada beberapa program studi yang sementara berjalan adalah :
1. Linguistik
Linguistik Antropologi
Linguistik Terapan
Teori Linguistik
2. Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan
Manajemen Sumberdaya
Administrasi Pembangunan
Manajemen Perusahaan
Manajemen Administrasi Publik
Pengembangan Sumberdaya Sosial
3. Ilmu Hukum
Hukum Bisnis
Hukum HAM (Hak Asasi Manusia)
Hukum Pemerintahan Daerah
4. Entomologi
Entomologi
Pengelolaan Hama
Toksikologi Lingkungan
5. Agronomi
Ilmu Lingkungan
lmu Tanaman
Manajemen Sumberdaya Hutan
Bioteknologi
Sistem Informasi
Sistem Produksi Ternak
Manajemen Agribisnis
6. Ilmu Pangan
Ilmu Pangan
Gizi
7. Ilmu Perairan
Biologi Sumberdaya Perairan
Pemanfaatan Sumberdaya Perairan
Teknologi Industri Hasil Laut
Ekonomi Sumberdaya Perairan
Pengeolaan Sumberdaya Pesisir Laut
8. Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah
Perencanaan Wilayah
Pembangunan Wilayah
9. Ilmu Kesehatan Masyarakat
Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Kesehatan Lingkungan
Kesehatan Olahraga
Manajemen Kualitas Air
Epidemiologi
10. Teknik Sipil
Manajemen Rekayasa Konstruksi
Teknik Struktur
Teknik Sumber Daya Air
Teknik Transportasi
Geoteknik
11. Magister Arsitektur
Teori dan Perencanaan Arsitektur
Perencanaan Kota Pesisir Tropis
Sains dan Ekonomi Pembangunan
12. Pendidikan Doktor (S3)
Entomologi
Hukum
Linguistik
PROGRAM PERKULIAHAN
Program perkuliahan dilaksanakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Jumlah beban studi minimal 36 SKS dan maksimal 50 SKS. Waktu studi disediakan 4 semester atau setara dengan 2 tahun yang terdiri atas perkuliahan selama 3 semester dan penelitian serta penulisan tesis 1 semester.
PERSYARATAN PELAMAR
Pelamar Program Pendidikan Pascasarjana harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
1. Persyaratan Akademik Pendidikan Magister (S2)
- Memiliki ijazah sarjana negzeri atau sederajat dengan IPK minimal 2,75
- Pemegang ijazah sarjana dari bidang ilmu yang sesuai atau berkaitan dengan program studi yang akan diikuti.
- Memiliki kemahiran berbahasa Inggris (TOEFL 450)
- Lulus seleksi masuk yang dilaksanakan oleh PPs Unsrat.
2. Persyaratan Akademik Pendidikan Doktor (S3)
- Peserta dari Program Magister
- Topik penelitiannya dalam bidang ilmu yang sama atau relevan dengan bidang ilmu yang ditekuninya.
- Mempunyai IPK minimal 3.75 dengan nilai A untuk mata ajaran inti selama dua semester
- Mempunyai pengalaman meneliti yang dipublikasikan di dalam majalah nasional atau internasional yang diakui oleh bidang ilmu atau profesinya.
- Lulusan Program Magister
- Memiliki Ijasah Magister dengan IPK minimal 3.25
- Pemegang Ijasah Magister dari bidang ilmu yang sesuai atau berkaitan dengan program studi yang akan diikuti
- Membuat pra-usulan penelitian dan melampirkan karya-karya ilmiahnya yang dilakukan secara mandiri maupun yang merupakan penelitian kelompok.
- Berkemampuan berbahasa Inggris dengan skor TOEFL Min. 475.
- Lulus seleksi masuk yang dilaksanakan oleh PPs Unsrat
3. Persyaratan Administrasi :
- Lamaran peserta didik diajukan secara tertulis dengan mengisi formulir yang tersedia (rangkap 3) dan dikirimkan/dialamatkan ke Program Pascasarjana Unsrat.
- Surat rekomendasi dari dosen/mantan dosen/ atasan yang dapat merupakan referensi.
- Persyaratan Program Doktor (S3) dapat dilihat pada Brosur dan Leaflet tersendiri.
BIAYA PENDIDIKAN
Pendaftaran / Seleksi (Magister) | Rp. 250.000,- |
Pendaftaran / Seleksi (Doktor) | Rp. 500.000,- |
Pendaftaran / Sem. (Magister) | Rp. 100.000,- |
Pendaftaran / Sem (Doktor) | Rp. 250.000,- |
SPP / Sem. Program Magister Pagi | Rp. 3.500.000,- |
SPP / Sem. Program Magister Sore | Rp. 6.000.000,- |
SPP / Sem. Program Doktor | Rp. 5.000.000,- |
Tuition Fee / SKS (S2 dan S3) | Rp. 100.000,- |
Dana Pembangunan (kelas pagi reg.) | Rp. 2.500.000,- |
Dana Pembangunan (kelas sore reg) | Rp. 5.000.000,- |
Dana Pembangunan (Kelas Malam) | Rp. 5.000.000,- |
Dana Pembangunan (Prog. Doktor) | Rp. 2.500.000,- |
Dana Pengembangan / Semester (Sore) | Rp. 600.000 - 1.200.000*) |
B E A S I S W A
Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPs) Dikti diperuntukkan bagi staf pengajar tetap Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang berstatus Pegawai Negeri (memiliki NIP) dan pegawai swasta yang memiliki NIDN. Beasiswa ini meliputi biaya hidup dan bantuan biaya buku serta biaya penelitian. Alokasi penerima beasiswa ini sangat terbatas. Adapun prosedur pengusulan calon penerima BPPS melalui bpps on line dengan laman beasiswa.dikti.go.id/bpps, serta memasukkan berkas dari tgl. 1 April-31 Mei (pendaftaran on line); Verifikasi data minggu ke-3 Juni dan Penetapan BPPS dan Kontrak oleh Ditjen Dikti Juli-Agustus.
P E N D A F T A R A N
- Mengisi dan menyerahkan/mengirimkan formulir pendaftaran yang dilampiri (masing - masing rangkap 3) : *) Lihat Leaflet Program Studi yang diminati
- Salinan Ijazah dan transkrip akademik yang dilegalisir
- Surat Keterangan sehat dari dokter
- Riwayat Hidup (curriculum vitae)
- Jika dalam status bekerja harus memperoleh ijin tertulis dari instansi tempat bekerja
- Surat Keterangan berkelakuan baik dari POLRI
- Surat Keterangan jaminan pembayaran studi
- Pas foto hitam putih 3 x 4 cm (6 lembar)
- Menyerahkan bukti pembayaran biaya administrasi dari Bank BTN atas nama Rektor Unsrat sebesar Rp. 250.000,- untuk Strata Dua (S2) dan Rp. 500.000,- untuk Strata Tiga (S3)
- Waktu pendaftaran dimulai pada Januari hingga Mei setiap tahun ajaran.
- Pendaftaran dapat dilakukan melalui faximile atau e-mail ke alamat PPs Unsrat Manado dengan ketentuan bahwa formulir pendaftaran dan lampirannya disampaikan kemudian.
- Pendaftaran ditujukan kepada Direktur Program Pascasarjana Unsrat dengan alamat :
Program Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi,
Jalan Kampus UNSRAT, Bahu Manado 95115
e-mail : pascaunsrat@unsrat.fac.id
- Seleksi masuk diadakan pada bulan Juni, pelaksanaan alih tahun pada bulan Agustus. Kuliah dimulai pada 1 September.
PIMPINAN PASCASARJANA
Direktur : Prof. Dr. Ir. S. Berhimpon, MS.MApp.Sc
Asisten Direktur I : Prof. Dr. Ir. Remy E.P. Mangindaan, MSc
Asisten Direktur II : Prof. Dr. Ir. Redsway T.D. Maramis, MS
Asisten Direktur III : Prof. Dr. Ir. Lucia Cecilia Mandey, MS
KETUA DAN SEKERTARIS
PROGRAM STUDI
Linguistik (LIN)
(No.426/DIKTI/Kep/1993)
Ketua : Dr. Leika Kalangi, M.Hum
Sekretaris : Golda Tulung, MA.,PhD
Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan (PSP)
(No.427/DIKTI/Kep/1993)
Ketua : Prof. Dr. John Hein Goni
Sekretaris : Drs. J. Lumolos, MSi
Ilmu Hukum (IHK)
(No.801/DIKTI/Kep/1996)
Ketua : Prof. Dr. Donald A. Rumokoy, SH.,MH
Sekretaris : Dr. Jacobus Ronald Mawuntu, SH.MH
Entomologi (ENT)
(No.390/DIKTI/Kep/1997)
Ketua : Prof. Dr. Ir. J. Pelealu, MS
Sekretaris : Prof. Dr. Ir. M. Tulung, MS
Agronomi (AGR)
(No.391/DIKTI/Kep/1997)
Ketua : Prof. Dr. Ir. J. Polii-Mandang, MS
Sekretaris : Dr. Ir. Johanes F.X. Rogi, MS
Ilmu Pangan (IPN)
(No.392/DIKTI/Kep/1997)
Ketua : Prof. Dr. Ir. D.T. Sembel, B.Agr.Sc
Sekretaris : Ir. Dedy Tooy, MS.,PhD
Ilmu Perairan (IPA)
(No.06/DIKTI/Kep/1998)
Ketua : Prof. Dr. Ir. Inneke F.M. Rumengan, MSc
Sekretaris : Dr. Ir. H. Onibala, MSc
Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah (IPPW)
(No.07/DIKTI/Kep/1998)
Ketua : Prof. Dr. Ir. Jen Tatuh, MS
Sekretaris : Dr. Ir. Charles R. Ngangi, MS
Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM)
(No. 3928/D/T/2008)
Ketua : Dr. Joy A.M. Rattu, MS.,PhD
Sekretaris : Dr. dr. Grace Debbie Kandou, M.Kes
Teknik Sipil (TSI)
Ketua : Prof. Ir. B. Sompie, MSc
Sekretaris : Dr. Ir. J. Timboeleng, DEA
Magister Arsitektur (M.Ars)
Ketua : Prof. Dr. Ir. Sangkertadi, DEA
Sekretaris : Dr. Judy O. Waani, ST.MT